Manfaat Nai Bai untuk Kesehatan Kita

Urbanina.com - Nama Nai Bai mungkin kedengarannya masih asing di telinga kita. Tanaman sayur ini dikenal juga dengan nama lain seperti kubis susu, kubis putih cina, seledri mustard, baby white pak choi, dwarf pak choi, dan nai bai you cai. Nai bai tergolong ke dalam keluarga sawi-sawian yang kabarnya di Singapura sayur ini mempunyai harga yang lumayan mahal. Rasa Nai Bai lebih manis daripada Pak Choi dan mempunyai daging batang yang terasa renyah. Lalu apa saja manfaat Nai Bai untuk kesehatan? Nai Bai merupakan varian dari Bok Choy dan menjadi sayuran pilihan yang amat populer di kalangan warga Singapura. Tanaman sayur ini pun dikenal dengan sebutan kubis susu. Tidak mengherankan jika terjemahan harfiah dari sayuran ini adalah 'susu putih'. Berasal dari batangnya yang berwarna putih, Nai Bai dapat dengan mudah terlihat di antara tumpukan sayuran hijau karena karakteristik ini. Meski namanya begitu, daunnya berwarna hijau gelap dan keriting. Manfaat Nai Bai untuk Kesehatan Kita [ ] Nai Bai berasal China tetapi kini telah menyebar ke seluruh Asia dan sejak itu dikembangkan beragam varietas. Meski populer, kebanyakan orang tidak tahu persis nama sayuran ini dan terkadang menyebutnya White Stem Cai Xin . Nai Bai umumnya memiliki rasa ringan dan manis dengan daunnya yang lebih muda mempunyai sedikit rasa harum. Varietas yang lebih kecil dari Xiao Bai Cai, Nai Bai juga lebih lembut dan lebih manis. Jangan meremehkan kepala sayuran kecil ini karena tidak banyak sayuran yang bisa menjamin bahwa keduanya rimbun dan renyah pada waktu bersamaan sesudah dimasak, tetapi Nai Bai pasti paling bisa! Bila Anda menemukan kepala Nai Bai yang pahit, Anda bisa memastikan bahwa Anda sedang mencicipi bahan kimia yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan harus mempertimbangkan untuk mendapatkan yang organik. Berikut ini berbagai manfaat Nai Bai untuk kesehatan.

Manfaat Nai Bai untuk Kesehatan

Sebagai varietas dari Bok Choy, Nai Bai memiliki nutrisi yang sama ketika dikonsumsi, diantaranya:
  • Vitamin, seperti Caisin , Kailan , dan Bayam, Nai Bai juga kaya akan vitamin A, C dan K.
  • Mineral, Nai Bai kaya akan magnesium, besi, mangan, potassium, fosfor dan kalsium. Kalsium adalah elektrolit penting dalam cairan sel dan tubuh yang membantu mengatur tekanan darah dan denyut jantung. Mangan bermanfaat untuk tubuh sebagai co-factor untuk enzim dismutaseantioksidan, superoxide dismutase. Besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.
  • Antioksidan tinggi, senyawa ini dalam Nai Bai akan membantu melindungi terhadap kanker payudara, usus besar, dan prostat. Antioksidan ini pun bisa membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah.
Demikianlah beberapa manfaat Nai Bai untuk kesehatan dan hampir selalu sama dalam memilih semua jenis sayuran berdaun hijau, yakni melihat batang sehat yang keluar. Untuk memilih Nai Bai yang baik, pastikan tangkai itu kencang dan tidak lemas. Hindari daun berwarna hijau kekuningan karena ini berarti sudah tua dan kekurangan nutrisi. Lubang di daunnya normal dan ada tanda bahwa tidak ada bahan kimia yang digunakan dalam proses pertanian.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *