Manfaat Mentimun Yang Masih Tersembunyi

Manfaat Mentimun Yang Masih Tersembunyi

Urbanina.com – Mentimun adalah salah satu jenis buah yang tergolong sayuran dan masih satu famili dengan tanaman labu serta semangka. Sayuran ini sering dikonsumsi mentah sebagai lalapan dan juga di gunakan sebagai bahan kosmetik. Tanaman mentimun dapat dibudidayakan secara hidroponik maupun aquaponik dan hasilnyadapat dikatakan lebih baik dibandingkan dengan mentimun yang ditanam secara konvensional. Banyak alasan untuk mengkonsumsi mentimun terutama karena sayuran yang satu ini mengandung banyak vitamin dan mineral khususnya vitamin K, B, C, mangan, tembaga dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat mentimun

manfaat mentimun

  1. Melindungi fungsi otak

 

Mentimun mengandung senyawa anti-inflamasi flavonol termasuk fisetin yang berfungsi melindungi otak serta meningkatkan fungsi saraf otak dan mencegah penyakit alzheimer. Berdasarkan penelitian senyawa fisetin mampu mencegah hilangnya memori dan kerusakan sel pada penderita alzheimer secara signifikan.

 

  1. Manfaat mentimun mencegah Kanker

 

Kanker adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti dewasa ini. Mentimun mengandung senyawa aktif antioksidan termasuk polifenol dan lignan yang dapat mengurangi resiko kanker payudara kanker ovarium dan kanker prostat. Berdasarkan penelitian mentimun juga mengandung fitonutrien yang disebut kukurbitasin yang memiliki efek antikanker.

 

  1. Manfaat mentimun mengatasi peradangan.

 

Mentimun memiliki efek menenangkan dan mampu mendinginkan peradangan yang terjadi di dalam tubuh termasuk peradangan yang disebabkan oleh mikroorganisme maupun efek panasnya matahari.

 

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia yang harus diwaspadai oleh setiap orang. Mentimun mengandung senyawa antioksidan seperti kueresep in luteolin dan kaempferol yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung koroner Selain itu mentimun juga mengandung potasium yang dapat menjaga kesehatan peredaran darah dan detak jantung normal.

  1. Menyegarkan nafas

Mengkonsumsi mentimun atau mengunyah irisan timun dapat membantu mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh bakteri. Manfaat mentimun dalam mengatasi bau mulut disebutkan dalam pengobatan ayurveda atau pengobatan tradisional India dimana mentimun dapat membantu mengurangi panas di dalam perut yang menyebabkan nafas tidak segar.

 

  1. Membantu mengatasi stress

 

Tidak hanya nikmat di konsumsi mentimun mengandung vitamin B kompleks termasuk vitamin B1, vitamin B5, vitamin B7, dan vitamin B lainnya yang dikenal dapat mengurangi rasa cemas dan gejala stres lainnya. Mengkonsumsi mentimun dalam bentuk jus yang dicampur dengan jeruk nipis dapat membantu mengobati dan mengatasi depresi.

  1. Melancarkan proses pencernaan

 

Mentimun mengandung dua unsur utama yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan air dan serat. Serat yang terkandung dalam mentimun dapat membantu pembentukan feses dan melancarkan jalannya feses dalam usus besar sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Saya itu mengkonsumsi mentimun dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian dan mencegah terjadinya tukak lambung.

 

  1. Membantu mengurangi berat badan

 

Tidak ada salahnya menambahkan mentimun dalam menu harian Anda karena selain kaya akan vitamin dan mineral mentimun mengandung serat yang dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Selain itu mentimun juga rendah kalori yakni hanya mengandung 16 cal setiap satu cangkirnya sehingga aman dikonsumsi saat diet.

 

  1. Mencegah diabetes

 

Mentimun mengandung kadar air yang cukup tinggi dan dapat mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh sehingga aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes

 

Manfaat timun yang dapat diketahui dan diperoleh dari mengkonsumsi timun secara rutin setiap hari. Anda ingin mendapatkan timun segar setiap hari maka tidak ada salahnya menanam mentimun di halaman rumah anda dengan metode hidroponik maupun aquaponik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *