Manfaat Lobak Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Manfaat Lobak Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Urbanina.com – Mungkin lobak bukanlah sayuran favorit banyak orang dan tidak banyak yang menyukainya tapi jangan salah, segudang nutrisi dan manfaat yang terkandung dalam lobak membuat jenis sayuran ini menempati posisi atas sebagai sayuran yang sehat untuk dikonsumsi. Lobak biasanya ditanam didaerah beriklim sejuk terutama dipegunungan. Sayuran ini bisa dikonsumsi mentah sebagai campuran salad atau dicampurkan pada masakan seperti halnya dalam soto Bandung. Berikut ini adalah manfaat lobak yang mungkin tidak anda ketahui sebelumnya.

manfaat lobak

  1. Manfaat lobak mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang saat ini banyak diderita akibat pola hidup yang tidak sehat. Lobak mengandungsenyawa fitokimia dan pigmen antosianin yang memiliki aktifitas mencegah kanker atau anticarcinogenic effect. Selain itu lobak juga kaya akan Vitamin C yang merupakan senyawa antioksidan kuat yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Plants Foods for Human Nutrition menyebutkan bahwa umbi lobak dapat merangsang mekanisme apoptosis atau proses bunih diri sel yang telah rusak dan berpotensi menyebabkan tumbuhnya sel kanker.

  1. Manfaat lobak menurunkan kolesterol

Serat yang terkandung dalam lobak mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan menghalangi kolesterol tersebut memasuki dinding pembuluh darah. Sebagaimana kita ketahui, kolesterol adalah salah satu penyebab atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi lobak secara rutin memiliki jumlah kolesterol darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi sayuran.

  1. Baik untuk diabetes

Insulin adalah hormon yang mengatur penyerapan gula dan menjaga kadar gula normal dalam darah. Pada penderita diabetes, insulin tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga penderita diabetes tidak bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Lobak adalah salah satu makanan yang rendah angka glikemiksnya dan tidak menyebabkan peningkatan gula dalam darah secara drastic sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Manfaat lobak mengobati batuk dan flu

Jika anda sedang menderita batuk dan flu cobalah untuk mengkonsumsi sup yang diberi potongan lobak. Umbi lobak mengandung anti kongestif yang dapat mengencerkan dahak pada tenggorokan. Selain itu, lobak juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mempercepat masa penyembuhan.

  1. Mengobati sakit kuning

Siapa sangka umbi lobak ternyata berkhasiat menyembuhkan penyakit hati atau yang biasa dikenal dengan istilah penyakit kuning. Lobak mengandung senyawa aktif yang dapat membantu organ hati mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mengatur kadar bilirubin dalam darah serta meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Mencegah dan mengatasi konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar bisa terjadi jika seseorang kurang mengkonsumsi serat. Lobak kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan dan mendorong makanan yang terjebal dalam usus besar agar dapat keluar melalui proses defekasi. Selain itu lobak juga bersifat mendinginkan sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan perut.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Lobak sangat baik dikonsumsi mereka yang sedang dalam program diet karena sayuran ini rendah kalori dan mengandung serat yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dalam 100 gram lobak terkandung hanya 16 kalori dan tentu saja bisa sangat membantu menurunkan berat badan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Jika anda ingin memiliki kulit yang kencang dan tampak awet muda? Konsumsi lobak secara teratur bisa membantu anda mendapatkan kulit yang tampak muda. Lobak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan membantu mempertahankan kekencangannya.

Selain kedelapan manfaat tersebut, lobak juga baik dikonsumsi oleh penderita asma dan mereka yang memiliki masalah pada ginjal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *