Manfaat Kubis Ternyata Banyak Loh ….!!

Manfaat Kubis Ternyata Banyak Loh ….!!

Urbanina.com – Bagi para penggemar makanan yang bernama salad, pasti akan sangat mengenal ssayuran hijau yang bernama kubis. Mengapa? Tentu saja karena menu yang sehat tersebut mengandung bahan yang bernama kubis ini. Rasa lezat dan gizi tinggi yang disajikan kubis menambah nilai dari menu yang satu ini. Iya, ternyata kubis memiliki banyak gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Saking banyaknya manfaat kubis yang terkandung didalamnya, sampai-sampai orang yang baru tahu akan terkejut dalam artian positif karena saking senangnya dengan kandungan gizi pada kubis.

Di Indonesia, kubis juga bisa disebut dengan nama kol. Sayuran ini sangat popular dikalangan ibu rumah tangga untuk bahan menu makanan harian keluarga. Di restoran, orang juga dengan mudah dapat menjumpai sayuran yang satu ini. Banyak menu masakan yang menggunakan bahan kubis atau kol, entah sebagai bahan utama ataupun sekedar lalapan saja. Gado-gado, ayam bakar, pecel lele, sampai soto adalah bebrapa menu masakan popular dan banyak disukai masyarakat yang didalamnya terkandung sayuran kol sebagai bahan masakan.

manfaat kubis

Kandungan gizi yang tersaji pada kol memanga dapat mengejutkan para konsumen yang dulu belum tahu. Setahu mereka, sayuran ini enak untuk disajikan pada menu masakan yangmereka sukai. Dan menurut para ilmuwan, mereka telah melakukan penelitian untuk memeriksa kandungan gizi pada sayuran kol ini. Berikut hasil penelitian tersebut. Pada setiap sayuran kola tau kubis, telah terkandung beberapa zak gizi, yaitu vitamin A, Vitamin B kompleks, Zat besi, Kalium, Ripoflavin, dan Asam folat. Dan dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kobis mengandung salah satu zat pembangun terbaik dalam membantu proses metabolism agar tetap berjalan dengan baik. Lalu, apa saja manfaat kubis yang bisa didapat bila mengkonsumsinya? Berikut diantaranya:

  1. Kubis dapat membantu pembentukan sel darah merah

Kandungan zat besi pada kubis dipercaya cukup untuk membantu produksi sel darah merah. Dengan lancarnya produksi sel tersebut, tubuh akan terhindar dari penyakit anemia. Jadi, selain orang mendapat zat besi dari jus jeruk, mereka dapat juga mendapat kadar zat besi yang cukup dari sayuran kubis ini.

  1. Manfaat kubis dalam mencegah kanker

Siapapun tidak ingin memiliki penyakit kanker. Dan bagi mereka yang sering mengkonsumsi kubis bisa dikatakan beruntung. Karena, berdasar pada penelitian yag dilakukan di china telah menunjukkan hal itu. Dari banyak wanita di china yang mengkonsumsi sayuran hijau seperti kol dan brokoli, memiliki penurunan resiko terserang gejala penyakit kanker payudara. Hal ini dikarenakan zat yang ada didalam kubis berperan untuk memerangi sel kanker pada tubuh.

  1. Manfaat kubis mengontrol tekanan darah tinggi

Para penderita gejala hipertensi, sangat disarankan agar bisa mengurangi tensi darah mereka agar terhindar dari resiko yang lebih buruk. Dan zat yang baik yang mampu untuk menurunkan tensi adalah zat bernama kalium. Pada kubis, zat tersebut sangatlah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, sehingga sayuran ini cocok untuk penderita darah tinggi.

  1. Menjadi menu untuk menurunkan berat badan

Selain sayuran terong, ada juga sayuran yang bernama kubis atau kol yang disarankan untuk menu menurunkan berat badan. Hal itu disebabkan kol memiliki banyak kandungan serat yang banyak, tapi rendah kalori yang tidak akan membuat berat badan menjadi naik. Selain itu, banyaknya kandungan vitamin, mineral dan gizi lainnya akan sangat bermanfaat untuk tubuh.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat kubis, semakin senang kan, dengan sayuran yang satu ini? Mari bagi pecinta kubis untuk segera menyisipkan kubis di menu masakan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *