Manfaat Kecipir Menjadikan Tubuh Lebih Bugar

Manfaat Kecipir Menjadikan Tubuh Lebih Bugar

Urbanina.com – Manfaat kecipir mungkin belum banyak yang tahu. Namun setelah membaca artikel ini, pasti akan banyak orang tahu apa dibalik tidak populernya kecipir ternyata ada beragam khasiat didalamnya. Harus diakui bahwa sayuran yang satu ini memang kurang terkenal dikalangan masyarakat. Hal tersebut mungkin dikarenakan jarang orang menemukan kecipir di rumahh makan. Namun, di warung pecel lele biasanya Anda akan menemukan sayuran yang satu ini.

manfaat kecipir

Sebelum mengenal manfaat kecipir, ada baiknya untuk mengenal kecipir itu sendiri terlebih dahulu. Kecipir tumbuh kebanyakan di daerah beriklim tropis, pada dataran yang ketinggiannya maksimal 1600m dpl. Mengenai tanahnya, kecipir dapat hidup diberbagai tanah dengan bahan organic yang rendah, berpasir, lempung,  maupun tanah kering. Dan juga, kecipir memiliki daya tahan yang baik terhadap kekeringan.

Termasuk sayuran yang bergizi, berikut rincian gizi yang terkandung pada kecipir ini. Pada setiap 100 gram kecipir, terdapat Energi  = 35 kkal, Protein  = 2,9 gr, Lemak  = 0,2 gr, Karbohidrat  = 5,8 gr, Kalsium  = 63 mg, Fosfor  = 37 mg, Zat Besi  = 0 mg, Vitamin A  = 595 IU, Vitamin B1  = 0,24 mg, Vitamin C  = 19 mg. Itulah kekayaan gizi yang terkandung pada kecipir ini. Dari gizi yang terkandung didalamnya, terdapat beragam manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah kecipir ini sebagai berikut.

  1. Bermanfaat untuk memulihkan energi

Kecipir yang tumbuh di daratan iklim tropis memiliki daun yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan khusus, yaitu memulihkan energy. Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup dengan memanfaatkan daun yang berwarna gelap pada tanaman kecipir.

  1. Sebagai pengontrol kolesterol

Pada kecipir, terdapat asam linoleat yang merupakan asam lemak tidak jenuh omega 6. Asam lemak inilah yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan. Dan asam lemak pada kecipir ini bermanfaat untuk menurunkan kadar total kolesterol.

  1. Dapat melangsingkan tubuh

Hal itu telah terbukti di Negara-negara seperti Arab, Pakistan dan China. Banyak masyarakat disana yang menggunakan kecipir sebagai obat tradisional untuk kesehatan kulit serta untuk pelangsing tubuh.

  1. Sebagai obat sariawan

Selain untuk obat pelangsing tubuh, kecipir dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Di Indonesia ini masyarakat yang memanfaatkannya sebagaiobat sariawan, mereka menambahkan gula batu pada ramuannya.

  1. Baik untuk ibu hamil

Hal ini dikarenakan kandungan kalsium, magnesium, kalium, fosfor dan besi didalamnya. Hal tersebut dapat mengatasi ataupun mencegah anemia, sehingga baik untuk ibu hamil, bahkan ibu menyusui.

  1. Baik untuk pertumbuhan

Asam amino yang terkandung pada kecipir sangat baik untuk tubuh manusia. Jika dibandingkan dengan kedelai, protein yang terkandung pada kecipir ini tidak kalah banyak. Dan asam amino inilah yang memiliki peran penting dan baik untuk pertumbuhan.

  1. Manfaat lain

Selain manfaat untuk kesehatan diatas, ada berbagai manfaat lain yang didapat dari kecipir ini. Buah tua kecipir dapat dimanfaatkan bijinya untuk diolah menjadi minyak. Sedangkan daunnya dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati radang pada telinga.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat kecipir, tentu akan menjadikan minat terhadap kecipir semakiin bertambah. Dulu, orang akan berkata “Ah untuk apa memasak kecipir, lebih bergizi sayur yang itu, ini,..”dan lain-lain. Tetapi, saat ini bisa saja orang akan banyak mencari-cari pasar yang menjual sayuran yang satu ini. Karena banyaknya menfaat yang terkandung, sayuran yang satu ini bisa saja menjadi sayuran yang berharga mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *