Manfaat Kacang Hijau Yang Baik Untuk Tubuh

Manfaat Kacang Hijau Yang Baik Untuk Tubuh

Urbanina.com – Kacang hijau, dikenal sebagai salah satu jenis kacang yang sering dikonsumsi oleh masyarakat terutama di Indonesia. Jenis kacang yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan dasar bubur maupun kue khas Indonesia. Tidak hanya enak dikonsumsi, kacang hijau ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan zat gizi yang cukup tinggi seperti protein, zat besi, magnesium, folat, Vitamin E, Vitamin C, kalsium dan lain sebagainya. Beberapa manfaat kacang hijau jika dikonsumsi antara lain :

manfaat kacang hijau

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh dan penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Salah satu manfaat kacang hijau adalah mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan mengurangi resiko penyakit jantung dan hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang dimuat dalam Journal of Human and Experimental Toxicology.

  1. Mencegah hipertensi

Kacang hijau mengandung banyak senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan termasuk mencegah dan mengobati penyakit darah tinggi atau hipertensi. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Chesmistry Central Journal menyebutkan bahwa tikus yang rutin mengkonsumsi kecambah kacang hijau memiliki tekana darah yang lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi perlakuan tersebut. Para ilmuwan menduga bahwa funsi anti-hipertensi ini adalah karena efek senyawa peptida yang terkandung dalam kacang hijau.

  1. Mencegah kanker

Manfaat kacang hijau yang ketiga adalah mencegah kanker. Kandungan asam amino dan antioksidan yang sangat tinggi dalam kacang hijau dapat mencegah penyakit kanker. Selain itu dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh College of Food Science and Nutritional Engineering dalam China Agricultural University, menunjukkan bahwa senyawa yang berperan dalam mencegah kanker adalah senyawa vitexin dan isovitexin. Kedua senyawa ini diyakini dapat mencegah efek radikal bebas yang merupakan penyebab mutasi sel kanker dalam tubuh.

  1. Mencegah diabetes

Konsumsi kacang hijau secara rutin dapat membantu mencegah penyakit diabetes atau kencing manis. Penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi kacang hijau secara rutin mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Memperbaiki sel rusak

Kacang hijau sangat kaya protein dan sebagaimana kita ketahui protein adalah penyusun hampir semua sel dan jaringan dalam tubuh. Protein berperan dalam memperbaiki kerusakan pada sel dan jaringan serta mempercepat proses pertumbuhan. Seorang anak yang diberik suplementasi kacang hijau akan tumbuh lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan cukup asupan protein.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain kaya protein, kacang hijau juga kaya akan fitonutrisi yang mampu mencegah infeksi mikroorganisme pembawa penyakit dan mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh. Selain itu kacang hijau bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam saluran cerna.

  1. Menjaga kesehatan saat kehamilan

Kehamilan adalah salah satu fase penting dalam kehidupan seseorang dimana janin manusia dibentuk dalam rahim. Tanpa mendapatkan asupan gizi yang cukup, janin tidak akan tumbuh dengan baik. Kacang hijau mengandung asam  folat dan protein yang dapat merangsang pertumbuhan janin dan mencegah terjadinya cacat pada bayi yang baru lahir. Selain itu ibu yang mengkonsumsi kacang hijau secara rutin diyakini akan memiliki bayi dengan rambut yang tebal.

Selain manfaat kacang hijau diatas, kacang hijau juga efektif dalam membantu menurunkan berat badan, memperlancar fungsi saluran cerna dan mengurangi rasa sakit selama menstruasi. Jadi apa anda masih ragu untuk mengkonsumsi kacang hijau setiap hari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *