Manfaat Jengkol Juga Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jengkol Juga Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Urbanina.com – Sepintas terdengar kata jengkol, maka akan teringat dengan aroma yang dikeluarkan orang yang memakannya. Terutama bagi mereka yang memang berniat untuk mengerjai temannya. Dengan sengaja memakan jengkol, maka aroma ketika hendak buang gas akan mengalahkan segalanya. Tak apalah, jika hanya sekedar bercanda saja. Tapi, kalau buang gas yang aromanya menusuk, dan dilakukan di tempat umum, maka jangan salah bila kamu akan menjadi tersangka pencemaran lingkungan. Terlepas dari itu, ternyata manfaat jengkol tak hanya untuk tujuan mengerjai teman saja. Bagi kesehatan tubuh, jengkol memiliki berbagai peran dalam menjaga kesehatan tersebut.

manfaat jengkol

Menurut penelitian, gizi yang terkandung pada jengkol terhitung banyak. Pada setiap 100 gram biji jengkol, terkandung energi 133 kkal, protein 23,3 gram, karbohidrat 20,7 gram, vitamin A 240 SI, vitamin B 0,7 mg, vitamin C 80 mg, fosfor 166,7 mg, kalsium 140 mg, besi 4,7 mg, dan air 49,5 gram. Dari banyaknya kandungn gizi yang terkandung, juga terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Berikut beberapa manfaat jengkol yang perlu diketahui.

  1. Manfaat jengkol dalam membentuk jaringan tubuh

Jengkol bisa menjadi nutrisi tubuh dalam upaya pembentukan jaringan pada tubuh. Hal ini dapat dijelaskan melalui banyaknya kandungan protein yang terdapat pada jengkol. Jumlah tersebut terbukti lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah protein pada kedelai dan kacang hijau. Protein itulah yang akan sangat membantu dalam pembentukan jaringan pada tubuh.

  1. Manfaat jengkol juga sebagai pencegah Anemia

Penyakit anemia, atau penyakit kurang darah sangat tidak disukai banyak orang. Ketika terjangkit penyakit ini, tubuh terasa lemas dikarenakan kurangnya pasokan darah untuk seluruh bagian tubuh yang seharusnya terisi. Sehingga, tubuh akan terasa lemas. Dengan mengkonsumsi jengkol, penyakit tersebut dapat dihindari. Karena, jengkol mengandung zat besi yang berfungsi sebagai zat yang membantu meningkatkan produksi sel-sel darah merah. Sehingga, darah yang mengalir pada seluruh tubuh dapat terpenuhi.

  1. Memperkuat tulang

Siapa sangka jengkol baik untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi? Hal ini tak lepas oleh peran kalsium dan fosfor yang terkandung pada jengkol dapat membantu menjaga tulang agar tetap kuat. Dengan tulang yang terjaga, maka resiko terkena penyakit tulang keropos atau osteoporosis pun juga dapat terhindari.

  1. Perut menjadi lebih ramping

Dengan mengkonsumsi jengkol, dipercaya dapat merampingkan perut yang tadinya buncit kedepan. Hal ini didasarkan pada penyebab perut buncit. Perut buncit desebabkan salah satunya adalah karena buang air besar yang susah ataupun tidak teratur. Nah, dengan mengkonsumsi jengkol yang kaya serat, maka secara tidak langsung sudah merampingkan perut. Karena serat pada jengkol senantiasa membuat seseorang mudah buang air besar.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Merupakan salah satu keistimewaan dari manfaat jengkol. Karena pada jengkol terdapat zat yang tidak ada pada bahan makanan lain, yang bernama zat asam jengkolat. Zat tersebut dipercaya ampuh untuk mencegah datangnya penyakit diabetes.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Selain untk mencegah penyakit diabetes, jengkol memiliki manfaat lain yaitu sebagai pengontrol kadar gula darah pada orang yangmengkonsumsinya. Hal ini dijelaskan dengan adanya zat gula yang terkandung pada jengkol, namun zat tersebut aman bagi penderita diabetes. Hal ini diperjelas karena zat gula yang terkandung pada jengkol dapat terurai dan diubah menjadi tenaga, berbeda dengan zat gula yang terdapat pada makanan lain. Sehingga, jegkol termasuk dalam sayuran yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *