Manfaat Jamur Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Jamur Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Urbanina.com – Kalau kita mengerti situasi di pasar, jamur memiliki peningkatan permintaan dari konsumen yang terus semakin meningkat. Hal tersebut tentu memiliki sebab-sebab tertentu yang membuat orang beramai-ramai ingin mengkonsumsi jamur. Jamur yang termasuk tumbuhan parasite ini dulunya jarang diminta oleh para konsumen karena terkenal dengan racun yang ada didalamnya. Namun, seiring perkembangan ilmu pengetahuan, jamur menjelma menjadi bahan makanan yang banyak dimiinta konsumen, dan menguntungkan para pedagang jamur. salah satu penyebabnya ialah manfaat jamur yang mulai banyak ditemukan.

manfaat jamur

Karena menurut penelitian yang telah dilakukan oleh banyak ilmuwan, jamur memiliki kandungan gizi yang dapat memberi dampak positif untuk kesehatan tubuh manusia. Namun perlu digarisbawahi, tidaklah semua jenis jamur memiliki kandingan gizi yang bagus untuk manusia, para ilmuwan mengakui bahwa ada beberapa jenis jamur yang memiliki kandungan racun sehingga dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia. Maka dari itu, para pedangang jamur lebih pandai dalam menentukan jamur mana yang layak dijual untuk dapat dikonsumsi.

Secara garis besar, manfaat jamur ialah untuk menambah kekebalan tubuh agar tidak terkena beragam penyakit. Mengapa? Karena pada jamur banyak terkandung protein, vitamin dan mineral, asam amino, anti oksidan sampai antibiotic alami. Secara lebih rinci, USDA merilis daftar kandungan gizi yang ada pada jamur sebagai berikut. Lemak 0,1 g 0%, Lemak jenuh 0 g 0%, Lemak tak jenuh ganda 0,1 g, Lemak tak jenuh tunggal 0 g, Kolesterol 0 mg 0%, Sodium 1 mg 0%, Kalium 143 mg 4%, Karbohidrat 4,9 g 1%, Serat 1,9 g 7%, Gula 1,4 g, Protein 1,4 g 2%, Vitamin A 0%, Vitamin C 0%, Vitamin B-6 0%, Vitamin B-12 0%, Kalsium 0%, Besi 1%, Magnesium 1%.

Adapun beberapa penyakit yang dapat terlindungi dari manfaat jamur ini, diantaranya:

  1. Manfaat jamur menurunkan kolesterol

Tahukah Anda bahwa jamur dapat menurunkan kolesterol? Iya, seperti yang telah tertulis diatas, dengan tingkat kandungan rendah karbohidrat serta proten non lemak, jamur termasuk makanan non-kolesterol. Yang berarti tidak menambah kolesterol, justru dengan mengkonsumsi jamur dapat membantu pembakaran kolesterol saat makanan dicerna.

  1. Makanan alternative penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, mereka dianjurkan untk mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung gula. Selain itu, penderita dikhawatirkan dapat mendapat infeksi terutama dibagian kaki yang berlangsung cukup lama. Maka dari itu, jamur dapat menjadi makanan alternative bagi mereka karena kandungan antibiotic alami yang ada didalamnya dapat membantu melindungi mereka dari infeksi yang dapat terjadi.

  1. Mencegah kanker prostat dan kanker payudara

Hal ini disebabkan kandungan sel selenium yang terdapat pada jamur. Sel selenium tersebut telah diakui sangat efektif untuk menghambat sel kanker. Secara rinci, Beta-glukan yang ada pada jamur bekerja untuk mencegah terjadinya kanker prostat. Sedangkan kanker payudara dapat dihambat dengan kandungan asam linoleat dengan menekan efek estrogen. Dengan ditekannya estrogen, maka kanker payudara dapat terhambat.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti yang telah disebutkan diatas, jamur dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada manusia. Secara teori, hal ini disebabkan oleh kerja dari kandungan jamur yang bernama Ergothioneine. Salah satu antioksidan yang memiliki ketahanan yang kuat. Juga kandungan vitamin A, B-kompleks, dan C dapat memperkuat kekebalan pada tubuh. Maka, para penderita penyakit borok atau luka berbisul dianjurkan mengkonsumsi jamur agar terhindar infeksi tersebut.

  1. Menurunkan berat badan

Lemak yang menumpuk pada tubuh seseorang dapat dikurangi dengan mengkonsumsi makanan kaya protein. Jamur inilah makanan kaya protein. Ditambah lagi dengan kandungan serat yang baik, tentu dapat membantu membakar lemak dalam tubuh jika dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *