Manfaat Durian Montong Untuk Kesehatan

Urbanina.com – Durian adalah salah satu buah yang sangat banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena buah ini termasuk spesial, yaitu masa panennya cuma tersedia setahun sekali. Itulah kenapa harganya juga menjadi lebih mahal dari harga buah-buahan pada umumnya. Salah satu jenis durian yang mahal harganya adalah durian montong. Namun di balik harganya yang mahal durian montong mengandung banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Apa saja manfaat durian montong untuk kesehatan?

Durian merupakan salah satu buah yang termasuk lezat dimakan. Dalam pengolahannya bisa dijadikan apa saja yang disesuaikan dengan selera masing-masing, seperti pancake, jus atau es buah. Buah ini adalah salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi, diantaranya fosfor, magnesium, kalsium, kalium, riboflavin, niasin, thiamin, polyphenol, vitamin, B, vitamin C dan masik banyak lagi. Lalu, sebenarnya apa sajakah manfaat durian montong untuk kesehatan?

Manfaat Durian Montong Untuk Kesehatan [ ]

Berikut ini beberapa manfaat durian montong untuk kesehatan kita, antara lain:

Menghangatkan Badan

Durian montong bermanfaat sebagai penghangat badan karena di dalamnya mengandung zat yang sifatnya seperti alkohol yang berperan menghangatkan badan sehingga jangan terlalu banyak dikonsumsi lantaran akan menyebabkan efek mabuk.

Meningkatkan seksualitas bagi kaum pria

Orang Malaysia percaya dengan mengonsumsi durian montong dapat menambah seksualitas untuk kaum laki-laki.

Mengurangi kemungkinan sel kanker

Mengonsumsi durian ini berguna untuk menurunkan resiko terjangkit kanker karena di dalam buah ini ada zat phytonutrient yakni zat yang sanggup mematikan perkembangan sel kanker.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Durian montong bermanfaat menambah sistem imunitas tubuh karena di dalamnya terkandung phytonutrient yang berfungsi menghentikan aktivitas sel kanker di dalam tubuh.

Mengurangi reaksi Tumor

Durian montong berkhasiat menangkal tumor karena mengandung zat phytosterol yakni sebuh zat yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan tumor.

Menurunkan kolestrol dan menormalkan gula darah

Durian montong mengandung organosulfur, yakni zat yang dapat mengurangi proses sintetis kolesterol dan membantu metabolisme gula darah sehingga kondisi gula darah menjadi stabil.

Mengurangi efek PMS

Durian montong berguna untuk mengurangi pre menstruasi syndrome karena di dalamnya memiliki kandungan B6 yang baik untuk mengendalikan kadar gula dan mood baik.

Mencegah stress dan depresi

Durian montong diyakini dapat mencegah stres dan depresi karena durian tersebut mengandung zat trypopan yang bisa mempercepat  pembuatan dopamine dan serotonin. Kedua zat tersebut dapat menghilangkan stres dan  depresi.

Mengurangi resiko anemia

Di dalam durian ini terkandung zat besi dengan kadar tinggi yang amat aktif dalam pembuatan haemoglobin,  yakni sel pembentuk eritrosit sehingga meningkatkan jumlah darah di dalam tubuh.

Demikianlah beberapa manfaat durian montong untuk kesehatan tubuh kita. Durian ini bila dimakan secara berlebihan dapat menyebabkan mabuk karena kandungan alkoholnya relatif banyak. Oleh karena itu bijaklah dalam mengkonsumsinya sebab dalam penggunaan normal durian ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE