Manfaat Daun Singkong Juga Untuk Mencegah Beberapa Penyakit

Manfaat Daun Singkong Juga Untuk Mencegah Beberapa Penyakit

Urbanina.com – Kadang-kadang orang yang lahir di abad 19 akan teringat dengan kenangan masa kecil bersama daun singkong ini. Mengapa tidak? Mereka memiliki masa indah dengan memanfaatkan daun singkong sebagai peluru mainan pistol bambu yang biasa mereka mainkan ketika pulang dari sekolah. Bagi yang belum tahu, manfaat daun singkong adalah untuk menjadi peluru yang mudah ditemukan didekat rumah. Mainan pistol bambu yang dibuat dari bambu kecil ini bisa menghasilkkan suara yang menyerupai pistol sungguhan ketika daun singkong didorong oleh pendorong yang juga dibuat dari bambu.

manfaat daun singkong

Namun disaat zaman telah maju, telah banyak dilakukan penelitian pada daun singkong yang juga telah menghasilkan hasil yang baik yang mengatakn bahwa daun singkong memiliki fungsi sebagai tumbuhan yang dapat mencegah berbagai penyakit. Secara kasat mata, tumbuhan singkong sendiri telah memiliki beragam manfaat bagi manusia. Akar yang bisa menghasilkan buah singkong telah dimanfaatkan untuk makanan camilan bahkan tak jarang menjadikannya pengganti bahan pokok yaitu beras. Dan batangnya yang walaupun kekuatannya tidak terlalu kuat dapat dijadikan bibit baru tanaman ini. Lalu, apa manfaat daun singkongnya?

Menurut para ahli, daun singkong teruji memiliki banyak kandungan gizi didalamnya. Gizi yang penting bagi tubuh tersebut diantaranya yaitu serat, lemak, protein, kalori, karbohidrat, vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari sekian banyak gizi yang terkandung pada daun singkong, tentu beragam manfaat juga dapat ditemui terutama untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Namun, dulu ketika pengetahuan akan gizi daun singkong belum meluas, ada saja daun singkong yang dijadikan pakan untuk hewan ternak masyarakat seperti kambing ataupun domba.

Untuk mengetahui apa saja manfaat yang terkandung pada daun singkong, mari simak penjelasan berikut ini.

  1. Manfaat daun singkong dalam mengobati stroke

Siapa sangka daun singkong yang mudah dijumpai dapat mengobati penyakit stroke. Hal ini dikemukakan setelah ilmuwan menemukan banyaknya kandungan isoflavon pada daun singkong. Kandungan tersebut merupakan salah satu kandungan yang dapat digunakan untuk obat penyakit stroke ini. Dengan bantuan daun singkong, diharapkan pengidap stroke dapat terhindar dari resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit ini.

  1. Manfaat daun singkong dalam menjaga kekebalan tubuh

Hal ini tentu dikarenakan oleh kandungan vitamin C yang cukup yang terkandung pada daun singkong ini. Sehingga, olahan daun singkong bisa menjadi tameng bagi konsumennya dari berbagai penyakit ringan yang mengancam mereka. Dengan catatan, tetap menjaga pola makanan yang lain serta pola olahraganya.

  1. Daun singkong dapat menyehatkan mata

Hal yang mungkin tidak diduga sebelumnya adalah khasiat daun singkong yang satu ini. Karena orang biasanya mencari sumber vitamin A dari buah wortel. Tetapi, dengan mengkonsumsi daun singkong setidaknya 3 kali seminggu, dapat menjaga mata agar tetap sehat.

  1. Mencegah penyakit osteoporosis

Penyakit osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang terutama ketika tulang sudah berumur tua. Penyakit tulang keropos tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun singong ini. Karena, daun singkong memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang pada tubuh manusia.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan zat besi dan serat pada daun singkong sangat berperan dalam hal ini. Kedua kandungan tersebut telah teruji sebagai zat yang dapat mempercepat pengeringan pada luka. Dan lebih lengkapnya lagi, kandungan daun singkong dapat meminimalisir terbentuknya bekas luka. Sungguh manfaat yang komplit untuk mempercepat penyembuhan luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *