Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan kita yang wajib kita ketahui

Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan kita yang wajib kita ketahui

Urbanina.com – Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan kita yang wajib kita ketahui. Selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering dibudidayakan baik secara konvensional, hidroponik maupun aquaponik. Jenis sayuran hijau ini memang belum banyak ditemui di berbagai wilayah dan biasanya hanya tersedia di supermarket atau swalayan maupun pasar diperkotaan karena harga jualnya yang cukup tinggi. Selada tidak hanya enak dikonsumsi sebagai salad atau lalapan akan tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat selada yang kita konsumsi? Simak manfaatnya berikut ini :
1. Manfaat Daun Selada Untuk Melancarkan pencernaan
Selada mengandung serat pangan yang dapat melancarkan pencernaan. Kurang serat dapat menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh dan mengkonsumsi selada secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan serat setiap hari dan mencegah timbulnya masalah pada pencernaan seperti konstipasi atau susah buang air besar.

2. Manfaat Daun Selada Untuk Mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh
Tidak hanya kaya serat, selada juga kaya akan protein yang merupakan unsur penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel maupun jaringan yang rusak dalam tubuh. Jadi, untuk mendukung pertumbuhan terutama pada anak-anak dan remaja, tambahkan selada pada makanan yang dikonsumsi.

3. Manfaat Daun Selada Untuk Mencegah dan mengobati diabetes
Penyakit diabetes atau kencing manis adalah salah satu penyakit yang saat ini banyak diderita masyarakat akibat gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes disebabkan oleh tingginya konsumsi gula dan tingkat sensitivitas insulin yang menurun. Insulin adalah hormon pengatur kadar gula darah dalam tubuh. Selada memiliki angka glikemiks atau glycemic index yang rendah sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah terutama pada penderita diabetes meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Manfaat Daun Selada Untuk Mengatasi anemia
Anemia adalah salah satu gangguan yang dapat menurunkan produktifitas seseorang dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah yang berperan dalam sistem transportasi oksigen dan nutrisi. Jika pembentukan sel darah merah terganggu maka tubuh akan terasa lemas, pusing dan lain sebagainya. Selada mengandung zat besi yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah sekaligus mencegah dan mengobati anemia.

5. Manfaat Daun Selada Untuk Mencegah kanker
Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Daun selada kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat mencegah kerusakan sel akibat pengaruh radikal bebas dan mencegah timbulnya sel kanker.

nft kit hidroponik

6. Manfaat Daun Selada Untuk Menjaga kesehatan ibu hamil
Daun selada kaya akan vitamin K, Vitamin C dan vitamin E yang dapat membantu kesehatan ibu hamil. Selain itu selada juga mengandung asam folat yang dapat membantu tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat pada bayi yang baru lahir.

7. Manfaat Daun Selada Membantu Untuk mengurangi berat badan
Siapapun yang ingin menjaga atau mengurangi berat badan maka ia dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi serat. Daun selada cocok dikonsumsi saat menjalani program diet karena selain mengenyangkan, daun selada dapat mencegah rasa lapar berlebihan dan membuat anda merasa lebih kenyang. Meskipun dikonsumsi dalam porsi besar, selada yang rendah kalori tidak akan menjadi masalah dalam menjalani diet.

8. Manfaat Daun Selada Untuk Mendetoksifikasi racun
Banyak zat sisa hasil metabolisme maupun racun yang mengendap dalam tubuh. Daun selada kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu menetralisir racun dan mengeluarkannya dalam tubuh.

9. Manfaat Daun Selada Untuk Meningkatkan kekebalan tubuh
Daun selada mengandung omega 3, omega 6 dan zink yang dapat meningkatkan fungsi sistem imun dan mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme pembawa penyakit seperti virus dan bakteri. Mengkonsumsi daun selada setiap hari dapat meningkatkan respon imunitas sehingga tubuh lebih kebal dan lebih cepat sembuh jika terserang penyakit.

10. Manfaat Daun Selada Untuk Mengatasi insomnia
Insomnia adalah salah satu gangguan kesehatan dimana seseorang kesulitan untuk tidur terutama saat malam hari. Daun selada mengandung senyawa lactucarium yang dapat memicu produksi hormon melatonin atau hormon perangsang rasa mengantuk dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat daun selada yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi selada secara rutin. Jadi tunggu apalagi, anda bisa mengkonsumsi selada dari sekarang dan menanamnya sendiri di halaman rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *