Manfaat Daun Kemangi Terhitung Banyak Lho

Manfaat Daun Kemangi Terhitung Banyak Lho

Urbanina.com – Tanaman kemangi adalah salah satu tanaman yang cukup familiar dengan masyarakat di Indonesia. Kemangi atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Ocimum canum adalah salah satu jenis tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai sayuran lalapan maupun digunakan dalam pengobatan. Kemangi yang tumbuh di Indonesia masih satu famili dengan tanaman basil yang biasa digunakan dalam masakan Italia. Daun tanaman kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat meningkatkan cita rasa masakan. Tidak heran jika masyarakat di Indonesia suka mengkonsumsinya secara mentah sebagai lalapan atau menambahkan ya pada masakan seperti pepes, gulai ataupun makanan lainnya. Manfaat daun kemangi pun menjadi pertanyaan dibenak para penggemar daun kemangi ini.

manfaat daun kemangi

Tidak hanya nikmat dikonsumsi tanaman kemangi juga mengandung banyak zat gizi dan zat aktif yang berguna bagi kesehatan.  Beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan diantaranya

  1. Manfaat daun kemangi menjaga kesehatan jantung

Daun kemangi kaya akan serat yang dapat mencegah kolesterol memasuki dinding pembuluh darah dan menyebabkan meningkatnya resiko penyakit jantung.  Selain itu daun kemangi juga mengandung mineral magnesium yang berfungsi untuk mencegah tekanan darah dan detak jantung normal dalam tubuh. Jika anda ingin menjaga jantung anda tetap sehat Anda dapat mengkonsumsi daun kemangi secara rutin

  1. Mengatasi bau mulut dan bau badan

Manfaat yang satu ini tentunya sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Aroma harum dari daun kemangi berasal dari minyak atsiri yang dikandungnya. Minyak atsiri tersebut mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi masalah bau mulut pada seseorang dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Selain mengatasi masalah bau mulut daun kemangi jika dikonsumsi secara rutin juga dapat mengatasi masalah bau badan yang tidak sedap.

  1. Manfaat daun kemangi menjaga kesehatan mata

Mata adalah jendela dunia dan konsumsi daun kemangi secara rutin dapat membantu anda untuk menjaga mata agar tetap sehat. Daun kemangi mengandung betakaroten dan vitamin A yang meskipun kadarnya tidak sebanyak wortel dan sayuran lainnya,  tetap dapat berperan dalam menjaga fungsi mata

  1. Mencegah menopause dini

Menopause adalah proses terhentinya menstruasi pada seorang wanita biasanya terjadi pada usia lanjut. Meskipun demikian saat ini banyak wanita yang mengalami menopause meskipun usianya masih muda atau yang dikenal dengan menopause dini. Daun kemangi yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi masalah menopause dini pada wanita karena mengandung triptoten yang dapat secara aktif merangsang proses menstruasi.

  1. Mengatasi keputihan

Masalah keputihan seringkali membuat wanita merasa kesal. Keputihan biasanya disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri pada organ kewanitaan. Mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dapat membantu menghilangkan masalah keputihan pada wanita karena daun kemangi mengandung antibiotik yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur candida penyebab keputihan.

  1. Mengobati batuk dan pilek

Meminum teh yang dicampur dengan daun kemangi yang telah direndam sebelumnya dapat membantu mengatasi masalah batuk dan pilek pada seseorang. Daun kemangi memiliki efek menghangatkan dan menenangkan sehingga dapat membantu mengurangi kontraksi pada saluran pernafasan dan mengurangi intensitas batuk.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Jika anda tetap ingin memiliki kulit yang awet muda maka anda dapat mengkonsumsi kemangi setiap hari. Antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi dapat membantu tubuh menangkal efek radikal bebas yang juga dapat merusak kulit.

Demikian beberapa manfaat dari daun kemangi yang dapat diketahui selain manfaat-manfaat tersebut daun kemangi juga dikenal sebagai herbal anti radang yang dapat mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh. Untuk mendapatkan daun kemangi segar setiap hari. mengapa anda tidak mencoba menanamnya sendiri di halaman rumah?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *