Manfaat Daun Bawang Juga Bisa Untuk Menyehatkan Tubuh

Manfaat Daun Bawang Juga Bisa Untuk Menyehatkan Tubuh

Urbanina.com – Seperti menjadi fungsi utama, daun bawang telah banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan penyedap rasa pada makanan. Manfaat daun bawang tersebut tak lepas dari aroma yang khas pada daun tersebut yang mampu memberikan rasa pada makanan nantinya. Apabila seorang ibu ditanya apa saja bahan makanan yang membuat masakan mereka menjadi sedap, pasti daun bawang termasuk didalamnya.

manfaat daun bawang

Namun, dalam memilih daun bawang yang akan dipakai, daun ini memiliki dua varian. Karena memiliki dua jenis, maka masing-masing memiliki ciri mereka sendiri. Kedua varian tersebut adalah daun bawang bakung dan daun bawang prei. Dalam bahasa latin, masing-masing berurutan memiliki nama allium fistulosum dan allium porrum.

Selain memiliki nama latin yang berbeda, fisik kedua jenis juga berbeda. Pada daun bawang bakung, umbi yang dihasilkan relatif kecil, daunnya berbentuk bulat, panjang, serta mempunyai lubang seperti pipa. Sedangkan pada daun bawang prei, ia tidak menghasilkan umbi, daunnya panjang, kemudian pipih, dan pelepahnya panjang dan liat. Dari sekian banyak perbedaan, namun kedua varian ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penyedap makanan.

Selain memiliki fungsi srbagai penyedap makanan, daun bawang juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

  1. Manfaat daun bawang untuk menambah kekebalan tubuh

Daun bawang memiliki zat gizi yang baik untuk tubuh para konsumennya. Biasanya, sayuran memiliki kandungan vitamin C yang cukup untuk menambah kekabalan tubuh, namun berbeda pada sayuran daun bawang ini. Daun bawang memliki kandungan senyawa allicin yang mirip senyawa belerang. Senyawa tersebut memiliki fungsi yang sama denga vitamin C yaitu untuk menambah kekabalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

  1. Manfaat daun bawang untuk mencegah terserang penyakit anemia

Penyakit anemia jarang ditemui pada orang yang sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar zat besi yang cukup. Begitu pula pada daun bawang ini. Pada daun bawang, terdapat kandungan daun bawang yang cukup untuk memproduksi darah didalam tubuh. Dengan begitu, pasokan darah untuk tubuh akan selalu diisi berkat produksi darah yang baik. Bahkan, kadang orang yang memiliki penyakit anemia disarankan untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

  1. Manfaat daun bawang untuk menyehatkan tulang

Peran daun bawang dalam hal ini tentu tak lepas oleh kandungan vitamin K yang dapat dijumpai pada daun bawang. Dengan konsumsi daun bawang yang cukup, maka kebutuhan vitamin K akan terpenuhi dan ikut berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Apalagi, vitamin K sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dalam jangka panjang. Juga vitamin K dapat membantu menghindari tulang dari terjadinya penyakit tulang yang tidak diinginkan.

  1. Daun bawang dapat menyehatkan jantung

Kesehatan jantung menjadi prioritas setiap orang. Karena, apabila jantung mengalami kerusakan, akan berefek buruk pada organ tubuh yang lain. Dan daun bawang bisa menjadi salah satu nutrisi agar jantung menjadi sehat. Hal ini dikarenakan kandungan polisilfida yang terkandung pada daun bawang. Zat tersebut menyehatkan jantung, ditambah zat mangan serta mineral yang dapat mempertahankan kadarkolesterol baik didalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *