Manfaat Dari Pupuk Organik Yang Berlimpah

Manfaat Dari Pupuk Organik Yang Berlimpah

Urbanina.com РDalam suatu sistem pertanian ada banyak faktor yang mempengaruhinya termasuk nutrisi dan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Demikian juga dalam pertanian organik, nutrisi dibutuhkan agar tanaman dapat tumbuh secara optimal. Terkadang  unsur hara yang ada dalam tanah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman sehingga diperlukan suplementasi. Suplementasi pada tanaman diberikan melalui pupuk dan karena pertanian organik tidak menggunakan pupuk buatan pabrik atau pupuk kimia maka pupuk tersebut berasal dari bahan organik. Manfaat dari pupuk organik yang dibutuhkan oleh tanaman yang biasa dibudidayakan dengan sistem pertanian ini berasal dari kotoran sisa tumbuhan maupun hewan. Kotoran tersebut mampu menutrisi dan membantu menyuburkan tanah sehingga tanaman yang ditanam pada tanah tersebut dapat tumbuh dengan baik.

manfaat dari pupuk organik

Pupuk organik pada dasarnya tersusun dari komponen karbon yang dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas tumbuh kembang tanaman. Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh pupuk organik dibandingkan dengan pupuk kimia. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan pupuk organik diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Manfaat dari pupuk organik untuk produk bebas racun dan bahan kimia berbahaya

Pupuk kimia mengandung berbagai zat yang merupakan racun bila dikonsumsi. Pupuk yang diberikan pada tanaman tentunya akan diserap oleh tanaman sehingga tanaman juga akan menghasilkan buah atau sayur dengan kandungan pupuk yang diserapnya. Jika tanaman menyerap zat kimia berbahaya tentunya buah yang dihasilkan juga mengandung zat kimia berbahaya yang jika dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan penyakit seperti kanker, diabetes, kemandulan dan sebagainya. Tanaman yang diberikan pupuk organik tentu akan tumbuh lebih sehat dan lebih aman untuk dikonsumsi.

  1. Manfaat dari pupuk organik agar lebih ekonomis

Pupuk organik yang dibuat dan diracik sendiri dengan menggunakan kotoran hewan atau sisa-sisa tumbuhan tentunya akan lebih murah dan dapat menghemat penggunaan biaya dan modal dalam suatu pertanian. Petani tidak perlu menghabiskan biaya untuk membeli pupuk kimia yang lebih mahal disbanding pupuk organik buatan sendiri.

  1. Manfaat dari pupuk organik dalam menjaga kesuburan tanah

Pupuk organik yang diberikan pada tanah yang digunakan untuk menanam tumbuhan mampu menjaga struktur dan kesuburan tanah. Kandungan unsur dalam pupuk organik tidak akan mencemari tanah dan mengurangi kesuburannya sebagaimana pupuk kimia yang memiliki efek negatif bagi tanah. Penggunaan pupuk kimia tentunya bisa mencemari tanah dan hal ini berpengaruh pada kesuburan lahan. Jika petani menggunakan pupuk berbahan organik maka ia dapat menjaga kesuburan lahannya hingga ratusan tahun ke depan. Banyaknya lahan yang tidak subur dan area pertanian yang dibuka diarea hutan dan sebagainya adalah beberapa efek yang ditimbukan oleh penggunaan pupuk kimia.

  1. Mudah diuraikan oleh tanah

Karena tersusun dari bahan organik, pupuk organik akan lebih mudah diurai oleh tanah dan tidak mencemari tanah tersebut. Tidak seperti pupuk kimia, pupuk organik akan melebur dalam tanah dan meningkatkan kesuburannya.

  1. Mudah dibuat

Pupuk organik bukanlah pupuk yang dibuat dipabrik besar seperti halnya pupuk kimia. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan karena pupuk organik bisa dibuat sendiri dan mengandalkan bahan-bahan yang bisa diperoleh dengan mudah serta menggunakan kotoran yang sudah tidak berguna. Selain itu, pembuatan pupuk organik bisa membuat komunitas petani atau warga disuatu daerha bekerja sama dalam hal tersebut.

Pupuk organik memang lebih baik jika dibandingkan dengan pupuk kimia namun jika menggunakan jenis pupuk ini anda harus bersabar karena dampak atau efeknya tidak akan langsung terlihat. Terkadang tanaman akan mengalami gejala defiensi di awal masa pertumbuhannya tapi jangan khawatir lama-lama tanaman akan beradaptasi dengan nutrisi yang ada dalam tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *