Manfaat Dari Mengkonsumsi Umbi Bit

Manfaat Dari Mengkonsumsi Umbi Bit

Urbanina.com – Umbi bit adalah salah satu jenis umbi yang populer saat ini sebagai bahan dasar makanan maupun minuman. Sebenarnya umbi tanaman bit telah dikenal sebagai salah satu tanamah obat sejak zaman dahulu. Tanaman ini banyak tumbuh di benua Amerika Utara, Asia dan Eropa. Ciri khas umbi bit adalah warna umbinya yang ungu dan bentuknya yang mirip dengan ubi jalar. Para petani di Roma sudah membudidayakan tanaman ini sejak zaman dahulu karena tidak hanya bisa dikonsumsi, umbi bit memiliki banyak manfaat dan bisa digunakan sebagai salah satu tanaman herbal. Dalam umbi bit terkandung serat, karbohidrat, protein, vitamin B, kalsium dan lain sebagainya. Beberapa manfaat dari mengkonsumsi umbi bit yang bisa diketahui adalah sebagai berikut

mengkonsumsi

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Masalah darah tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat saat ini akibat pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi jus umbi bit setiap hari dapat menurunkan tekanan sistolik darah hinga 5%. Hal ini dikarenakan dalam umbi bit terkandung senyawa nitrat yang dalam tubuh diubh menjadi nitrit oksida. Senyawa inilah yang berperan dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan stamina

Apakah Anda sering merasa cepat lelah saat beraktivitastau berolahraga? Mungkin hal tersebut disebabkan oleh stamina yang lemah. Mengkonsumsi jus umbi bit sebelum beraktifitas dapat meningkatkan metabolism dan ketahan stamina tubuh hingga 16% sehingga jus ini sangat efektif juga dikonsumsi sebelum berolahraga.

  1. Mencegah terjadinya radang

Radang adalah salah satu masalah kesehatan yang biasanya terjadi akibat infeksi dalam tubuh yang disebabkam oleh mikroorganisme atau bibit penyakit seperti virus dan bakteri. Umbi bit mengandung senyawa aktif yang disebut Betaine yang dapat mencegah terjadinya radang dengan melindungi struktir dan fungsi sel, enzim dan hormon yang ada dalam tubuh seseorang.

  1. Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang sulit terdeteksi pada stadium awal dan sulit disembuhkan. Mencegah memang lebih baik dari mengobati, jadi  jika Anda ingin terhindar dari penyakit kanker maka rajin-rajinlah mengkonsumsi umbi bit karena senyawa yang menyebabkan warna ungu pada umbi bit ternyata mampu menangkal pengaruh radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

  1. Memperlancar pencernaan

Pencernaan yang lancar adalah salah satu indikasi tubuh yang sehat. Dengan memiliki saluran cerna yang sehat maka seseorang bisa terhindar dari masalah-masalah dalam perut seperti konstipasi atau sulut buang air besar, maag dan penyakit saluran cerna lainnya, serat dalam umbi bit mampu melancarkan pergerakan feses dalam usus besar sehingga fese dapat dikeluarkan dengan mudah dari dalam tubuh.

  1. Mendukung Proses Detoksifikasi

Proses detoksifikasi dalam tubuh adalah proses pengeluaran racun atau zat-zat berbahaya dalam tubuh dan hal ini biasa dilakukan oleh organ hati. Umbi bit mengandung banyak senyawa aktif dan antioksidan yang bisa membantu organ hati dalam menetralisir dan mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh. Biasanya jus umbi bit dikonsumsi dua kali semingggu untuk membantu proses detoksifikasi tersebut.

Umbi bit rendah kalori dan kaya serat sehingga juga cocok dijadikan sebagai salah satu menu dalam diet. Tidak hanya itu, kombinasi umbi bit dengan sayuran lainnya akan memberikan efek yang lebih baik untuk kesehatan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi umbi bit dari sekarang bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *