Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Urbanina.com – Manfaat buncis tak hanya sebagai pelengkap bahan untuk membuat lauk-pauk di dapur saja. Namun, dari segi kesehatan, buncis memiliki beragam kegunaan yang bersifat positif untuk tubuh manusia. Mungkin belum banyak diketahui oleh banyak kalangan penikmat buncis pada umumnya, sehingga banyak dari mereka memilih buncis sebagai bahan dapur dikarenakan murah harganya dan mudah memasaknya.

manfaat buncis

Seperti yang telah dirilis oleh para ilmuwan, mereka merinci bagaimana kandungan gizi yang ada pada sayuran ini. Berikut kami rangkum kandungan gizi yang terdapat pada buncis ini. Pada setiap 100 gram buncis, terdapat Energi = 35 kkal, Protein = 2,4 gr, Lemak = 0,2 gr, Karbohidrat = 7,7 gr, Kalsium = 65 mg,  Fosfor = 44 mg, Zat Besi = 1 mg, Vitamin A = 630 IU, Vitamin B1 = 0,08 mg, Vitamin C = 19 mg. Dengan banyaknya kandungan gizi yang terkandung, buncis memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat buncis untuk tubuh kita? Berikut kami jabarkan satu-persatu manfaat buncis bagi tubuh kita.

  1. Dapat mengendalikan kadar gula darah

Seperti yang tertera diatas, kadar protein yang terdapat pada lumayan banyak. Sehingga, dengan mengkonsumsi sayuran ini membuat protein yang masuk pada tubuh akan mengendalikan kadar gula darah. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa sayuran ini aman dan dianjurkan dikomsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

  1. Baik untuk organ pencernaan

Selain baik untuk mengontrol gula darah, buncis juga sangat baik untuk organ pencernaan kita. Karena, buncis mengandung banyak serat didalamnya yang berfungsi memperlancar pencernaan pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buncis, tubuh akan terhindar dari penyakit seperti sembelit atau gangguan pencernaan yang lain.

  1. Menjadikan jantung tetap sehat

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya pada tubuh. Tetapi buncis bisa menjadi solusi pencegahan. Karenan salah satu manfaat buncis  ialah menjaga organ pencernaan. Dengan organ pencernaan yang baik, kolesterol pada tubuh akan terkontrol. Dengan begitu, penyakit jantung dapat dihindari dengan kadar kolesterol yang terjaga.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengapa buncis dapat meningkatkan kekebalana tubuh? Hal ini tentu dikarenakan kandungan gizi pada buncis tersebut. Masuknya vitamin B1, B6 serta vitamin C dari sayuran buncis, maka kekebalan tubuh akan meningkat berkat kandungan gizi ini. Dengan begitu, tubuh akan kebal dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Dapat mencegah anemia

Seperti yang diketahui, anemia dapat dicegah dengan mengkonsumsi vitaimin B. tak perlu jauh-jauh, pada buncis terdapat vitamin B yang cukup untuk menghindarkan tubuh dari penyakit anemia.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Buncis ini termasuk pada sayuran polong-polongan. Namun, ia memiliki kelebihan lain yaitu memiliki kadar air yang cukup banyak. Hal ini menjadikan kandungan seperti kalium, mangan, magnesium serta zat besi nya berguna untuk memelihara metabolism tubuh. System metabolisme ini sangat penting untuk tubuh kita, semakin meningkat kelancaran metabolism,, maka semakin sehat konsidi kesehatan tubuh kita.

  1. Mengandung banyak serat

Seperti yang telah dikutip diatas, serat pada buncis sangat baik untuk organ pencernaan tubuh. Namun, selain untuk menjaga organ pencernaan, fungsi lain dari serat pada buncis ialah untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah obesitas, juga dapat mencegah hipertensi.

Seiring banyaknya manfaat yang terkandung pada buncis, sudah banyak masakan yang dapat dimasak dengan memadukan sayuran buncis sebagai bahan pelengkap. Asem-asem, sop, sayur asem, rending, gudeg ialah contoh-contoh mkanan yang terdapat buncis didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *