Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan

Urbanina.com - Buah murbei (mulberry) adalah sejenis buah-buahan yang mempunyai gizi dan rasa yang manis sehingga jadi buah favorit untuk orang-orang di seluruh penjuru dunia. Namun tahukah Anda manfaat buah murbei bagi kesehatan kita? Jika Anda sudah mengetahui manfaat buah murbei bagi kesehatan barangkali akan membuat Anda lebih menggemari buah murbei ini. Pada intinya, tanaman murbei termasyhur sebab bagian daunnya lazim dipergunakan sebagai makanannya ulat sutra, khususnya di Asia dan Amerika Utara. Daun murbei adalah satu-satunya daun yang dapat dimakan ulat sutra. Dalam bidang kuliner buah murbei bisa diolah jadi teh, kue, jeli, selai, dan lain sebagainya. Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan [ ] Berikut ini beberapa manfaat buah murbei bagi kesehatan, diantaranya:
  1. Kesehatan Pencernaan
Murbei memiliki kandungan serat yang bisa membantu Anda dalam menambah kesehatan pencernaan. Dengan demikian bisa menambah kesehatan tubuh dan menghindari munculnya gangguan seperti sembelit.
  1. Membantu Memacu Penyembuhan
Jus buah murbei bermanfaat sekali untuk penderita setelah operasi. Hal ini bisa memacu jalannya penyembuhan, menaikkan peredaran darah, dan menghindari terkena infeksi. Kecuali itu, buah murbei pun bisa dipergunakan untuk membantu Anda dalam memacu penyembuhan sesudah melahirkan.
  1. Mengendalikan Gula Darah
Murbei (mulberry) memiliki kandungan beberapa senyawa yang bisa membantu dalam menstabilkan dan mengendalikan gula darah pada penderita kencing manis (diabetes), salah satunya adalah flavonoid.
  1. Melindungi Kesehatan Jantung
Mengonsumsi buah murbei bisa berguna untuk kesehatan jantung karena bisa menguatkan sistem saraf dan meminimalisir kolesterol jahat sehingga menghindari adanya penyumbatan di aliran darah. Dengan demikian murbei jadi amat efektif dalam menhindari stroke dan serangan jantung.
  1. Menambah Penglihatan Mata
Dengan mengonsumsi segelas jus murbei secara teratur bisa menambah penglihatan pada mata karena murbei memiliki kandungan vitamin A yang bisa menguatkan pandangan mata dan menurunkan ketegangan pada mata. Di samping itu juga bisa menjaga mata dari serangan radikal bebas yang menyebabkan masalah penglihatan dan degenerasi pada retina.
  1. Mencegah Risiko Kanker
Buah murbei sudah menjadi bahan utama dari pengobatan tradisional Cina selaku obat dalam menghadapi kanker.
  1. Kesehatan Tulang
Fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan vitamin K yang kesemuanya terdapat di dalam buah murbei bisa berguna untuk pertumbuhan dan melindungi kesehatan tulang. Hal ini pun berhubungan dalam menghindari keadaan seperti masalah tulang (osteoporosis) yang berhubungan dengan usia.
  1. Pencegah Penuaan Dini
Buah murbei memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E, serta beberapa komponen karotenoid seperti alpha-karoten, zae-xanthin, beta-karoten dan lutein. Seluruh komponen itu berfungsi selaku antioksidan yang dengan cara tertentu mempengaruhi rambut, jaringan, kulit, dan bagian yang lainnya yang bisa terserang radikal bebas. Dengan demikian murbei bisa membantu Anda dalam melindungi klulit terlihat lebih halus, memerkecil timbulnya noda dan bintik-bintik hitam (age spots), serta memelihara rambut kemilau dan tetap sehat dengan menghindari proses oksidatif dari radikal bebas. Walaupun alergi terhadap buah murbei tidak sering terjadi, namun serbuk sari dari tanaman murbei bisa menimbulkan reaksi alergi terhadap individu yang peka. Individu yang peka ini pun mempunyai risiko memiliki reaksi alergi pada buah murbei.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *