Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Urbanina.com – Melon adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Rasanya yang manis dan menyegarkan menjadi alasan bagi mereka yang menyukai buah ini. Tidak hanya karena rasanya enak dan baunya yang harum,  buah melon kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan seperti karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, antioksidan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah manfaat buah melon bagi kesehatan yang dapat diketahui

manfaat buah melon

  1. Manfaat buah melon mencegah kanker

 

Seperti buah-buahan dan sayuran pada umumnya, melon juga mengandung senyawa aktif seperti antioksidan dan karotenoid yang dapat mencegah timbulnya kanker. Penyakit kanker muncul Akibat kerusakan sel atau mutasi DNA yang disebabkan oleh radikal bebas maupun gaya hidup yang tidak sehat. Melon kaya akan antioksidan yang berperan dalam menangkal efek radikal bebas sekaligus mengurangi resiko berbagai macam kanker seperti kanker lambung kanker paru-paru serta kanker payudara.

 

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

 

Tidak hanya dapat mencegah kanker, buah melon mengandung serat yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah kolesterol masuk ke dinding pembuluh darah dan mengakibatkan serangan jantung. Selain itu melon juga mengandung senyawa adenosine yang mampu mencegah penggumpalan sel darah dalam pembuluh. Gumpalan darah di dalam tubuh dapat mengakibatkan penebalan dinding pembuluh darah, menyebabkan atherosklerosis dan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

 

  1. Manfaat buah melon mencegah stroke

 

Buah melon mengandung mineral kalium yang dapat menjaga detak jantung dan aliran darah normal dalam tubuh. Konsumsi melon secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh serta mencegah pecahnya pembuluh darah di otak akibat tekanan darah yang terlalu tinggi.

 

  1. Menjaga kesehatan mata

 

Mata adalah jendela dunia dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Melon bisa menjadi salah satu pilihan atau alternatif untuk memenuhi asupan vitamin A dan betakaroten yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi dan kesehatan mata.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit

 

Kulit dapat menjadi cerminan sehat atau tidaknya seseorang karena seseorang yang sehat tentunya akan memiliki kulit yang cerah dan bersinar. Melon kaya akan vitamin C yang dapat merangsang pembentukan kolagen dalam kulit. Senyawa kolagen adalah salah satu senyawa yang berfungsi menjaga kekencangan struktur kulit pada lapisan di dalamnya sehingga tidak heran jika orang yang rutin mengkonsumsi melon memiliki kulit yang halus, kencang dan lembab.

 

  1. Membantu mengurangi berat badan

 

Selama diet seseorang mungkin akan menghindari makanan-makanan berlemak dan makanan yang mengandung kalori tinggi. Melon kaya akan serat dan rendah kalori sehingga dapat menjadi pilihan snack yang sehat saat berdiet. Serat yang terkandung dalam melon dapat mencegah penyerapan lemak serta membuat tubuh kenyang lebih lama.

 

  1. Meredakan rasa mulas

 

Melon tidak hanya menyegarkan  saat dikonsumsi akan tetapi juga dapat menenangkan dan menyejukkan saluran pencernaan. Air dan serat yang terkandung dalam melon dapat mengatasi rasa mulas yang timbul akibat gangguan pencernaan karena air yang terkandung dalam melon bersifat menenangkan. Tidak hanya , serat yang terkandung dalam melon dapat memperlancar proses pencernaan sekaligus mencegah susah buang air besar atau konstipasi.

 

Setelah mengetahui manfaat buah melon tersebut, anda dapat mulai mengkonsumsi buah melon secara rutin setiap hari dan mengganti kebiasaan makan atau mengemil dengan mengkonsumsi buah melon. Jika anda ingin mendapatkan buah melon segar setiap hari dengan kualitas yang baik maka anda dapat mencoba untuk menanamnya sendiri di rumah dengan metode hidroponik maupun aquaponik dan lihatlah hasilnya nanti. Anda dapat tetap sehat dengan buah melon yang anda tanam sendiri. Selamat mencoba

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *