Manfaat Buah Kelengkeng Untuk  Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tubuh

Urbanina.com – Bentuk buah kelengkeng memang kecil, tetapi di balik bentuknya yang mungil itu nyatanya memiliki manfaat yang cukup banyak. Tahukah Anda apa sajakah manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh kita? Apabila belum, sebaiknya simak tulisan mengenai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh di bawah ini sampai tuntas.

Kelengkeng yang dalam bahasa ilmiah dinamakan Dimocarpus longan ini sering disebut-sebut sebagai saudara kecilnya buah leci. Buah yang awalnya dari negeri China ini menyebar ke seluruh penjuru dunia sampai akhirnya sekarang banyak dibudidayakan di Indonesia, India, Thailand dan di sejumlah negara Asia yang lainnya.

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tubuh [ ]

Berikut ini manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh antara lain:

Anti Depresan

Kelengkeng dapat menurunkan rasa lelah, mengatasi iritasi, menambah fungsi syaraf, dan menawarkan efek menenangkan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai anti depresan. Kelengkeng pun bisa mengatasi insomnia dan  penyakit kelainan tidur yang lainnya.

Menangkal Serangan Radikal Bebas

Buah kelengkeng mengandung polifenol (antioksidan) yang efektif mencegah serangan radikal bebas dalam tubuh dan menghindari kerusakan sel-sel. Itulah kenapa orang-orang yang sering mengkonsumsi buah ini akan terlepas dari penyakit kanker, anemia, dan penyakit menahun yang lainnya.

Penambah Energi

Rasa manis biasanya menunjukkan kalau buah itu mengandung banyak gula. Gula adalah sumber energi yang gampang diserap oleh tubuh. Alhasil saat Anda lapar/lelah sehabis melakukan olahraga, maka dengan mengkonsumsi buah kelengkeng energi akan pulih  kembali.

Diet Alami

Buah kelengkeng mengandung kalori dan lemak yang sangat rendah. Untuk mereka yang mau menurunkan lemak dari dalam tubuh mereka mengkonsumsi buah kelengkeng merupakan solusi yang jitu. Buah kelengkeng pun memiliki karbohidrat kompleks yang dapat menambah stamina dan energi serta menurunkan nafsu makan. Setengah cangkir buah kelengkeng hanya berisi 35 kalori sehingga menjadi asupan yang sehat untuk program diet rendah kalori.

Sumber Vitamin C  

Buah kelengkeng sangat terkenal karena buah ini memiliki kandungan Vitamin C yang banyak dan bermanfaat dalam menjaga tubuh dari flu, memulihkan kekebalan tubuh dalam melawan virus-virus yang  memiliki potensi mengundang penyakit.

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kerja jantung amat penting dalam proses peredaran darah ke seluruh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah kelengkeng peluang untuk terserang penyakit jantung akan semakin kecil dan bisa menurunkan stres. Pasalnya mengkonsumsi buah kelengkeng akan mendorong fungsi hati dan limpa sehingga bisa mencegah stroke dan menimbulkan efek tenang pada sistem saraf.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan seolah-olah merupakan hantu untuk siapapun yang ingin tetap kelihatan cantik dan menawan, namun penuaan juga merupakan sebuah kepastian. Jadi yang bisa dilakukan ialah menghindari penuaan itu berlangsung lebih cepat dan salah satu diantara jalan keluarnya yakni dengan mengoptimalkan manfaat buah kelengkeng. Buah ini nyatanya memiliki zat anti-aging sehingga dapat memperkecil pengelupasan, retak pada kulit dan memulihkan warna kulit.

Demikianlah beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh kita. Oya, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau  menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *