Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Urbanina.com – Durian merupakan salah satu buah yang sangat eksotis dan kontroversial di beberapa kawasan Asia Tenggara. Pasalnya aroma menyengat yang keluar dari buah durian dapat mengalihkan perhatian banyak orang. Indera penciuman kita barangkali akan memberikan dua macam reaksi yaitu mencium aromanya sebagai aroma yang enak atau sebaliknya, aroma enek. Oleh sebab alasan tersebut buah durian tidak boleh dibawa dalam transportasi umum di sejumlah negara Asia. Adakah manfaat buah durian untuk kesehatan kita?

Aroma kuat yang dihasilkan buah durian ternyata tidak akan sanggup menutupi manfaat buah durian untuk kesehatan. Yuk sekarang kita bahas lebih dalam tentang manfaat-manfaat buah durian itu. Berikut beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan [ ]

Melancarkan Pencernaan

Durian kaya akan serat yang penting untuk membantu peran sistem pencernaan. Serat merangsang pergerakan usus hingga menyebabkannya lebih cepat untuk bergerak melewati saluran usus. Ujung-ujungnya memudahkan semua proses pencernaan di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Durian banyak mengandung kalium. Kalium perlu untuk mempertahankan keseimbangan cairan semua sel tubuh dan menyeimbangkan tekanan darah. Jadi dengan rutin mengkonsumsi buah durian dapat menghindari masalah stroke atau serangan jantung dan aterosklerosis.

Mencegah Penuaan Dini

Buah durian bersifat anti oksidan yang bersumber pada kandungan bahan kimia organik dan vitamin yang bekerja menurunkan banyaknya radikal bebas di dalam tubuh. Mengkonsumsi buah durian secukupnya bisa menambah kemampuan tubuh untuk menghilangkan radikal bebas sehingga menghambat proses penuaan dini.

Mengatasi Insomnia

Buah durian berisi triptofan, yakni zat kimia organik yang amat mempengaruhi kepulasan tidur seseorang. Bila Anda mengalami insomnia maka cobalah mengkonsumsi beberapa potong durian menjelang tidur supaya Anda dibantu untuk dapat tidur pulas.

Mengatasi Disfungsi Seksual

Durian bermanfaat untuk menambah stamina dan libido seksual, menurunkan risiko kemandulan pada pria ataupun wanita, serta menaikkan pergerakan sperma. Seluruh manfaat tersebut membuktikan kalau buah durian merupakan afrodisiak alami.

Menjaga Kesehatan Tulang

Durian merupakan sumber tembaga, mangan, kalium dan magnesium. Seluruh mineral itu berperan penting untuk membentuk dan menjaga kekuatan serta ketahanan tulang. Mineral-mineral inipun berguna untuk mencegah osteoporosis.

Mengatasi Anemia

Buah durian mengandung banyak asam folat. Asam folat adalah unsur penting dalam pembuatan sel darah merah. Kecuali itu, buah durian pun memiliki kandungan zat besi dan tembaga. Keduanya adalah unsur penting yang lainnya dalam pembentukan sel-sel darah merah. Bila pembuatan sel-sel darah merah dalam kondisi normal maka berbagai gejala anemia seperti cemas, lelah, migren, dan gangguan pencernaan akan menurun dengan cara bertahap.

Walaupun mempunyai banyak manfaat, tetapi buah durian pun tidak luput dari efek samping karena buah durian mengandung lemak kira-kira 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan umumnya buah-buahan yang lain selain alpukat. Lemak di dalam buah durian ini memang umumnya berupa lemak sehat, namun untuk Anda yang tengah berupaya mengurangi berat badan, lebih baik tahan dulu hasrat Anda untuk menikmati durian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *