Manfaat Brokoli Sebagai Makanan Kaya Nutrisi

Manfaat Brokoli Sebagai Makanan Kaya Nutrisi

Urbanina.com – Brokoli merupakan tanaman yang dipercaya berasal dari Laut Tengah. Masuknya tanaman tersebut di Indonesia diperkirakan terjadi pada tahun 1970-an. Namun sebenarnya tanaman ini sudah dibudidayakan sejak yaman Yunani Kuno. Waw, sudah lama sekali ya! Sesampainya di Indonesia, saat ini terkadang orang mengira kalau brokoli adalah sama dengan kol(kubis). Padahal, hanya penyebutan suku kata yang paling akhir saja yang agak mirip. Sejatinya, kedua tanaman sayur tersebut adalah beda. Jadi, pernyataan yang menyebutkan kalau kol dan brokoli itu sama adalah pernyataan yang salah. Dan salah satu yang menjadi keunggulan brokoli adalah manfaat brokoli yang sangat banyak.

manfaat brokoli

Banyaknya manfaat brokoli tak lepas dari banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya. Menurut sebuah penelitian, brokoli mengandung serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Banyaknya nutrisi inilah yang menjadi salah satu keistimewaan brokoli.

Untuk diketahui, bagian tanaman brokoli yang dikonsumsi adalah bagian kepala bunganya. Warna dari bagian kepala tersebut adalah hijau, dan pada umumnya dapat ditemukan makanan ini disajikan dalam betuk masakan tumis. Untuk membedakannya dengan bunga kol, terkadang orang merasa bingung membedakannya. Padahal jelas perbedaan diantara keduanya yaitu kalau brokoli berwarna hijau, sedangkan bunga kol berwarna putih.

Dengan banyaknya nutrisi pada brokoli, berikut beragam manfaat dari brokoli.

  1. Manfaat brokoli untuk program penurunan berat badan

Seperti kebanyakansayuran pada umumnya, brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan memasukan brokoli pada menu diet, maka perut dapat kenyang lebih lama dan sangat membantu program tersebut. Sayuran ini juga rendah kalori dan lemak.

  1. Manfaat brokoli dalam mencegah penyakit jantung

Menurut para ilmuwan, terdapat senyawa glucoraphanin pada sayuran brokoi ini. Senyawa tersebutlah yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung pada tubuh. Dengan mengkonsumsi brokoli, tentu manfaat tersebut dapat didapat.

  1. Membantu menjaga ketajaman mata

Lagi-lagi dari sebuah penelitian. Kandungan vitamin A dan lutein telah teruji terkandung pada brokoli. Vitamin A akan berfungsi untuk menjaga kesehatan retina mata, sehingga mata terjaga kesehatannya. Sedangkan lutein berfungsi untuk membantu mata mencegah resiko terkena penyakit seperti katarak dan macula.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit, banyak orang rela pergi ke tempat-tempat yang memberi pelayananperawatan kulit. Bahkan kadang-kadang tak sedikit biaya yang harus mereka keluarkan demi perawatan tersebut. Namun, dari senyawa yang ditemukan pad brokoli sepertinya bisa menjadiinspirasi. Menurut penelitian, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Terdapat banyak senyawa yang dapat membantu perawatan kulit, salah satunya vitamin E. Vitamin tersebut sangat baik untuk membantu regenerasi sel-sel kulit mati.

  1. Menjaga organ pencernaan

Banyak gangguan pencernaan yang diderita orang-orang dikarenakan pola makan yang tidak baik bagi organ pencernaan mereka. Tetapi, brokoli bukan salah satunya. Justru sebaliknya, brokoli yang memiliki banyak serat didalamnya sangat baik bagi organ pencernaan agar dapat bekerja dengan baik. Selain itu, anti oksidan yang terkandung didalamnya dapat menhilangkan racun yang ada pada organ perncernaan seperti usus dan lambung.

  1. Dapat mengontrol tekanan darah

Sayuran brokoli adalah salah satu makanan yang direkomendasikan bagi mereka yang memiliki darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan magnesium yang terkandung pada brokoli sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3, vitamin C dan K  yang berguna bagi tubuh untuk perkembangan otak. Otak yang terjaga kesehatan mentalnya akan meningakatkan memori otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *