Manfaat Beras Hitam Organik untuk Kesehatan

Urbanina.com – Beras hitam organik merupakan beras yang dikenal oleh para ahli dan peneliti kesehatan dunia sebagai super food dimana kandungan antosianin (antioksidan) pada warna hitam di sisi luar beras itu amat tinggi. Antosianin antioksidan berfungsi untuk menekan dan melawan pertumbuhan sel kanker dengan cara alamiah. Beras hitam organik pun diyakini mengandung fospor, magnesium, selenium, thiamin, vitamin E dan serat yang amat tinggi. Lantas, apa lagi manfaat beras hitam organik yang lainnya?

Beras hitam sampai kini masih kerap disebut “Forbidden Rice” sebab berdasarkan sejarah pada zaman Kerajaan Cina Kuno dulu, orang Cina kuno pada zaman itu sudah mengenal beras hitam yang mana beras itu dijuluki sebagai forbidden rice (beras terlarang) sebab beras tersebut cuma boleh dikonsumsi oleh keluarga kerajaan dan bangsawan serta keluarga di lingkungan istana saja sedangkan masyarakat biasa dilarang mengonsumsi beras itu. Pasalnya berdasarkan penelitian dan kepercayaan pada zaman kuno itu, beras hitam berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit serta berguna sebagai bahan pangan sekaligus obat.

Manfaat Beras Hitam Organik untuk Kesehatan [ ]

Bangsa yang amat memercayai manfaat beras hitam organik hingga saat ini  ialah bangsa China dan Korea serta beras hitam tersebut jadi salah satu diantara makanan traditional disana. Barangkali Anda agak bingung dengan beras hitam ini. Walau warna sama hitamnya, beras hitam dan ketan hitam itu tidak sama. Begitu juga dengan kandungan nutrisinya. Beras hitam mempunyai tekstur yang lebih menyerupai beras putih biasa daripada ketan hitam.

Apakah beras hitam organik pun mempunyai manfaat kesehatan seperti yang ditemui pada beras jenis yang lainnya? Di bawah ini manfaat beras hitam organik untuk kesehatan.

Mencegah Kanker

Pakar kesehatan mendapatkan bukti jika beras hitam memiliki kandungan zat antosianin yang lumayan tinggi. Antosianin adalah sejenis antioksidan aktif yang amat dibutuhkan tubuh dalam mencegah radikal bebas penyebab pertama munculnya penyakit kanker.

Mencegah Diabetes

Dibandingkan dengan jenis beras yang lainnya ternyata beras hitam mengandung kalori terendah, yaitu sekitar 362 kkal/100 gram. Kandungan kalori ini berbanding lurus dengan indeks glikemik. Alhasil, beras hitam adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang mempunyai catatan keluarga diabetes.

Mencegah Penyakit Jantung

Rasa tidak pulen (pera) pada beras hitam saat dikonsumsi adalah karena banyaknya serat yang terdapat dalam beras ini. Kadar serat yang tinggi ini yang amat berguna dalam memelihara kesehatan jantung selaku organ tubuh paling penting.

Mengatasi Anemia

Anda yang kerap merasakan lemas lantaran anemia (kurang darah) sepertinya Anda mesti mulai mengkonsumsi beras hitam. Beras hitam sendiri dikenal memiliki kandungan zat besi yang relatif tinggi. Zat besi ini berfungsi dalam pembuatan sel darah merah (hemoglobin) di dalam tubuh.

Disamping 4 manfaat beras hitam organik di atas, beras hitam organik ternyata masih mengandung segudang kegunaan yang baik sekali untuk kesehatan. Karenanya, janganlah sangsi buat menggeser menu harian di meja makan Anda dengan beras hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *