Manfaat Beras Hitam Organik Bagi Tubuh Kita

Manfaat Beras Hitam Organik Bagi Tubuh Kita

Urbanina.com – Beras hitam dan ketan hitam itu ternyata tidak sama walaupun sama-sama hitam warnanya. Demikian juga dengan nutrisi yang di kandungnya. Dibandingkan dengan ketan hitam, beras hitam organik mempunyai tekstur yang lebih serupa dengan beras putih biasa. Kata beras hitam mungkin terasa masih asing di telinga Anda. Bila dilihat memang beras hitam tidak setenar beras putih maupun beras merah. Tetapi, penting Anda tahu kalau beras hitam organik ini mempunyai  kelebihan yang barangkali Anda pun tidak mengenalinya. Apa saja sih manfaat beras hitam organik untuk tubuh kita?

Cukup mudah untuk membedakan antara beras hitam dan ketan hitam. Bila beras hitam dipotong secara melintang maka isinya akan terlihat jernih, sedangkan ketan hitam akan kelihatan berwarna putih susu dan akan terasa lengket di tangan seperti sewaktu dimasak. Beras hitam jika dimasak akan terasa tidak pulen dan agak pera ketimbang beras biasa. Apakah manfaat beras hitam organik juga sama seperti yang ditemui pada beras-beras jenis lainnya?

Manfaat Beras Hitam Organik

Beras hitam organik mempunyai rasa yang enak, wangi dan pulen. Budidaya beras hitam organik penting digalakan sebab di dalam beras hitam ini terkandung beragam mineral, vitamin dan serat yang relatif tinggi sehingga baik sekali untuk menunjang kesehatan.

Bahkan menurut para ahli dan peneliti, di bagian luar beras hitam itu banyak mengandung antosianin. Antosianin itu sendiri adalah antioksidan yang berfungsi mencegah dan melawan perkembangan sel-sel kanker secara alamiah. Beras hitam organik dipercaya kaya akan zat fospor, magnesium, silenium, thiamin, vitamin E dan serat.

Di bawah ini adalah manfaat beras hitam organik untuk kesehatan tubuh kita.

Mencegah Kanker

Beras hitam memiliki kandungan zat antosianin yang lumayan banyak. Antosianin adalah sejenis antioksidan aktif yang dibutuhkan sekali oleh tubuh dalam mencegah radikal bebas. radikal bebas adalah penyebab utama munculnya penyakit kanker.

Mencegah Diabetes

Beras hitam mengandung kalori yang paling rendah, yaitu sekitar 362 kkal per 100 gram sehingga menjadi pilihan makanan yang tepat untuk Anda yang menderita diabetes. Mengkonsumsi beras hitam organik tidak akan memicu gula darah naik.

Mencegah Penyakit Jantung

Beras hitam rasanya pera (tidak pulen) saat kita memakannya yang menunjukkan bahwa beras hitam mengandung kadar serat yang tinggi  sehingga bermanfaat sekali dalam melindungi kesehatan jantung, salah satu organ tubuh sangat vital.

Mengatasi Anemia

Beras hitam diyakini banyak mengandung zat besi, yakni zat yang berfungsi dalam pembuatan hemoglobin (sel darah merah) di dalam tubuh sehingga bisa mengatasi penyakit kurang darah (anemia).

Disamping 4 manfaat utama di atas, manfaat beras hitam organik masihlah banyak yang tentunya  baik sekali bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu Anda jangan ragu-ragu untuk memasukkan menu beras hitam organik di ata meja makan Anda. Selamat menjalankan pola makan sehat dan pola hidup sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *