Apakah Manfaat Bayam Hanya Untuk Membuat Otot Popeye Kuat?

Apakah Manfaat Bayam Hanya Untuk Membuat Otot Popeye Kuat?

Urbanina.com – Bayam merupakan sayuran yang banyak memiliki manfaat. Banyak kalangan ibu-ibu dating ke pasar untk membeli sayuran yang satu ini karena ingin mendapat manfaat bayam. Juga disukai ibu-ibu karena bayam merupakan salah satu sayuran favorit untuku anak-anak mereka. Dengan rasa yang berkesan di lidah, tak jarang anak-anak meminta ibu mereka untuk memasak bayam di menu harian mereka.

manfaat bayam

Sayur hijau yang satu ini termasuk familiar untuk anak-anak karena tayangan kartun di televisi. Kisah seorang pelaut yang bernama popeye menjadi salah satu tokoh favorit mereka dan sangat mereka sukai. Menurut tayangan kartun tersebut, manfaat bayam adalah untuk membuat tokoh popeye menjadi kuat apabila dimakannya. Sehingga, ketika popeye kewalahan melawan musuh, ia akan mengambil sekaleng bayam untuk dimakan dan tiba-tiba tubuh popeye jadi berotot dan akhirnya musuh dapat dikalahkan. Apa benar bayam bisa membuat otot menjadi kuat? Simak tulisan berikut.

Menurut para ilmuwan, pada setiap 100 gram daun bayam mengandung  2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium. Jadi, dapat disimpulkan bahwa manfaat bayam untuk membuat otot menjadi kuat adalah salah satu strategi dari produser tayangn popeye agar anak-anak suka bayam, iya kan? Namun, memang bayam ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja itu, mari kita simak satu-persatu.

  1. Manfaat bayam untuk melawan sel kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling tidak disukai. Lewat bayam ini, resiko terserang kanker dapat menurun hingga 34%. Secara rinci menurunnya sel kanker payudara, kanker Rahim, kanker kulit, kanker prostat dan kanker perut. Hal ini tentu disebabkan kandungan vitamin A dan C, asam folat, serat, dan 13 flavonoid yang terkandung didalam bayam.

  1. Baik untuk organ penglihatan

Selain wortel, bayam merupakan salah satu sumber vitamin A. Karena, tidak sedikit kandungan vitamin A yang terdapat pada bayam ini. Maka, dengan mengkonsumsi bayam maka mata seseorang telah mendapat nutrisi yang baik dan telah terjaga.

  1. Baik juga untuk diet

Program diet dilakukan banhak orang belakangan ini. Dan bayam adalah salah satu makanan yang baik untuk program tersebut. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan serat pada bayam sebanyak 20% dan berperan baik untuk menyehatkan pencernaan, mencegah sembelit, serta dapat mengontrol guladarah.

  1. Menjaga kekuatan tulang

Tulang yang sehat adalah tulang yang kuat. Yaitu tulang yang tetap terjaga kekuatannya hingga hari tua. Untuk membantu menutrisi tulang, sayuran bayam adalah nutrisi yang dibutuhkan. Dengan mengkonsumsi bayam, maka kandungan vitamin K, magnesium, seng, tembaga dan fosfor akan menjadi nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan vitamin A pada bayam. Dengan mesuknya vitamin A pada tubuh, maka membrane mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus akan terlindungi kan kuat. Maka, akan menjadi komponen kunci pada sel darah putih dalam memerangi ancaman infeksi yang masuk pada tubuh. Dengan begitu, maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut ilmuwan, bayam memiliki kadar kalium yang tinggi, tetapi kadar sodiumnya rendah. Keseimbangan kandungan mineral tersebut yang digunakan pasien darah tinggi untuk menurunkan tekanan darah mereka. Selain itu, kandungan asam float pada bayam juga membantu baiknya elastisitas pembuluh darah yang memperlancar sirkulasi darahpada tubuh.

Itulahh beberapa manfaat dari bayam. Setelah tahu manfaatnya, pasti rasa bayam yang pembaca konsumsi akan menjadi lebih enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *