Manfaat Bawang Putih Dapat Menhehatkan Tubuh

Manfaat Bawang Putih Dapat Menhehatkan Tubuh

Urbanina.com – Bawang putih adalah salah satu jenis tanaman bawang atau yang termasuk dalam family tanaman Liliaceae. Bawang putih biasanya digunakan sebagai bahan penyedap masakan karena aroma yang khas bisa meningkatkan citarasa masakan. Saat ini bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja akan tetapi juga digunakan sebagai bahan suplemen dan obat-obatan. Bawang putih memang memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan sehingga banyak produsen obat-obatan herbal yang menggunakannya sebagai bahan dasar terutama dalam suplemen hipertensi atau darah tinggi. Senyawa yang berperan penting dalam bawang putih adalah Allicin, senyawa yang memberikan aroma khas bawang tersebut. Untuk mengetahui apa saja manfaat bawang putih, simak penjelasan berikut ini

manfaat bawang putih

  1. Manfaat bawang putih membantu mengatasi demam dan flu

Suplemen bawang putih dapat membantu mengatasi gejala flu dan demam karena diketahui bahwa bawang putih mengandung senyawa aktif yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubu dan respon imun dalam tubuh seseorang. Mengkonsumsi suplemen bawang putih saat flu dan demam bisa membantu meringankan gejalanya dan mempercepat masa penyembuhan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suplementasi bawang putih dapat mengurangi demam dan flu hingga 63%. Inilah mengapa saat sedang demam seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi sup yang tentunya dimasak dengan bawang putih.

  1. Manfaat bawang putih menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu gangguan sistem dalam tubuh yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Sebagaimana kita ketahui penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa suplementasi bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengatasi hipertensi bahkan efeknya hampir menyamai obat penurun tekanan darah Atenolol.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Selain dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh, bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh atau HDL. Penelitian menunjukkan suplementasi bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 15%. Penurunan jumlah kolesterol tentunya mampu membantu mengurangi resiko penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak bagi siapa saja.

  1. Mencegah kanker

Selain meningkatkan citarasa makanan, siapa sangka bawang putih bisa mencegah penyakit kanker. Berdasarkan penelitian, senyawa sulfide yang terkandung dalam bawang putih ternyata mampu mencegah perkembangan sel kanker terutama dalam kasus kanker payudara. Selain senyawa tersebut, bawang putih juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah pengaruh radikal bebas sebagai penyebab kerusakan DNA sel dan menyebabkan kanker.

  1. Mencegah infeksi

Senyawa Allicin yang terkandung dalam bawang putih juga merupakan senyawa antiseptic yang dapat mencegah timbulnya infeksi baik pada kulit maupun dalam tubuh. Senyawa ini mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat dan mengurangi gejala infeksi.

  1. Mengatasi jerawat

Bawang putih bisa membantu mengatasi dan menghilangkan jerawat pada kulit. Senyawa antibakteri yang ada pada bawang putih dapat membantu mengatasi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya mudah saja anda hanya perlu meletakkan potongan bawang putih pada bagian yang terkena jerawat.

  1. Mencegah penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang biasa muncul pada usia senja dan biasa diderita oleh para manula. Penyakit ini adalah salah satu penyebab pikun atau dementia. Bawang putih mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel saraf dari kerusakan terutama sel otak.

Demikian beberapa manfaat bawang putih yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *