Manfaat Bawang Merah Untuk Menjaga Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Menjaga Kesehatan

Urbanina.com – Siapa yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini. Ya, bawang merah adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk memasak makanan sehari-hari dan menjadi salah satu bumbu yang harus ada dalam setiap masakan khususnya di Indonesia dan di Asia. Bawang merah atau dikenal dengan nama Allium cepa dalam bahasa ilmiahnya adalah salah satu tanaman dari genus Allium dan famili Liliaceae. Bawang merah dikenal mengandung asam glutamat yang dapat menyedapkan masakan secara alami. Tidak hanya mengandung asam glutamat saja bawang juga dikenal mengandung senyawa minyak atsiri yang membuat mata menjadi pedih saat mengirisnya. Bawang merah juga kaya akan karbohidrat, lemak, protein, vitamin C, vitamin B, asam folat, zat besi, mangan, magnesium, sulphur, dan antioksidan quersetin serta zat aktif lainnya. Karena kaya akan zat gizi dan nutrisi maka bawang merah memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah berikut manfaat bawang merah untuk kesehatan.

manfaat bawang merah

  1. Manfaat bawang merah menjaga kesehatan jantung

 

Siapa sangka tanaman yang telah dibudidayakan sejak beribu-ribu tahun lalu ini ternyata berkhasiat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Bawang merah mengandung senyawa aktif yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah seperti senyawa sulfida dan sulfur. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam bawang merah tersebut dapat menghambat kolesterol memasuki pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah atau yang dikenal dengan aterosklerosis.

 

  1. Manfaat bawang merah mencegah kanker

 

Bawang merah mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat mencegah timbulnya penyakit kanker yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas. Hampir semua tanaman yang berasal dari genus Allium mengandung senyawa organik sulfur dan vitamin C yang terbukti secara efektif dapat mengurangi resiko penyakit kanker lambung dan kanker prostat.

 

  1. Manfaat bawang merah meningkatkan mood dan suasana hati

 

Memasak dengan menggunakan bawang merah atau mengkonsumsi bawang merah mentah secara langsung ternyata dapat membantu mengurangi stress dan depresi yang saat ini banyak diderita oleh masyarakat. Mengkonsumsi bawang merah dapat meningkatkan produksi serotonin dan dopamin yang dapat mengurangi kadar hormon stress dalam tubuh

sekaligus memperbaiki suasana hati.

 

  1. Mengatasi perut kembung dan masuk angin pada anak-anak

 

Bawang merah dapat membantu mengatasi masalah perut kembung dan masuk angin yang diderita oleh anak-anak dan membantu mengatasi demam. Cukup dengan mengoleskan bawang merah yang telah diparut sebelumnya dan dicampur dengan minyak telon atau minyak kayu putih pada perut yang kembung dan daerah sekitar dada. Minyak atsiri yang terkandung dalam bawang merah dapat membantu memberikan rasa hangat dan mengatasi perut kembung dalam waktu yang cukup singkat..

 

  1. Meredakan batuk

 

Selain mengatasi perut kembung dan masuk angin bawang merah juga dapat mengatasi masalah batuk. Untuk mengobati batuk cukup rendam beberapa butir bawang merah dalam air selama beberapa menit kemudian minum airnya secara teratur hingga batuk mereda.

 

  1. Mencegah diabetes

 

Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat saat ini dan menjadi salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Bawang merah mengandung senyawa tolbutomid yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal dan merangsang produksi insulin yang merupakan hormon pengatur kadar gula dalam tubuh yang dihasilkan oleh sel-sel pankreas.

 

  1. Mengobati sakit telinga

 

Bawang merah yang diparut yang diambil airnya dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit telinga dengan cara mengoleskan bagian yang sakit dalam telinga dengan kapas yang telah dibasahi dengan jus bawang merah tersebut.

 

Bawang merah memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan namun harus tetap dikonsumsi dengan batas yang wajar karena konsumsi bawang yang berlebihan dapat menyebabkan perut Jadi kembung dan mulas. Selain itu bawang merah juga dapat menyebabkan alergi bagi sebagian orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *