Fungsi Cocopeat Dalam Pertanian Saat Ini

Fungsi Cocopeat Dalam Pertanian Saat Ini

Urbanina.com – Sabut kelapa (cocopeat) adalah limbah perkebunan yang banyak terdapat di daerah produsen kelapa. Tumbuhan yang masih termasuk family Arecaceae (aren-arenan) ini semua bagiannya memiliki banyak manfaat untuk manusia. Apabila air kelapa memiliki manfaat penting untuk bahan baku pembuatan pupuk organik cair, apakah fungsi cocopeat ini?

Cocopeat adalah limbah pengolahan sabut kelapa yang diambil fiber atau seratnya sehingga cocopeat berupa butiran halus (serbuk) dari fiber kelapa tersebut. Unsur hara yang terkandung dalam sabut kelapa (cocopeat), baik mikro maupun makro yang ternyata amat diperlukan oleh tanaman seperti Natrium (Na), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Fosfor (P), Kalium (K) dan beberapa mineralnya yang lainnya.

Fungsi Cocopeat dalam Pertanian Saat Ini

Fungsi cocopeat memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut ini beberapa fungsi cocopeat :

  • Dalam bidang pertanian berbasis organik cocopeat dapat digunakan sebagai pupuk padat yang berfungsi penting untuk kesuburan tanah pertanian. Di sini fungsi cocopeat bagi tanah adalah sebagai biopori karena dengan terdapatnya rongga-rongga pada tanah bisa memperbaiki sirkulasi udara yang menghantarkan oksigen yang amat diperlukan tanaman.
  • Cocopeat mempunyai kemampuan menyimpan air enam kali lipat dari volumenya. Jadi bila berat sabut kelapa 1 kg maka daya simpan airnya dapat mencapai 6 kg air. Dengan demikian memakai cocopeat sebagai bahan utama pupuk organik menjadi solusi tepat bagi daerah yang curah hujannya minim.
  • Fosfor dan Kalium yang terkandung dalam cocopeat amat diperlukan tanaman ketika proses pembentukan buah terjadi dan untuk meningkatkan rasa bagi seluruh jenis buah.
  • Cocopeat bisa dijadikan pupuk organik cair, namun untuk mengolah cocopeat jadi pupuk organik padat butuh pengolahan lebih lanjut.
  • Cocopeat dimanfaatkan juga untuk bahan campuran bokashi. Pemakaian cocopeat alias sabut kelapa selaku bahan campuran untuk membuat bokashi nyatanya mempunyai dampak positif pada pertanian. Tanaman padi yang mempergunakan pupuk bokashi serta ditambah dengan cocopeat bisa menambah kualitas, bobot dan rasanya lebih enak ketimbang dengan pemakaian pupuk bokashi yang sama tetapi tidak mencampurnya dengan cocopeat.
  • Penggunaan cocopeat selaku bahan campuran bokashi memberikan pengaruh baik terhadap bidang pertanian, demikian pula halnya dengan budidaya tanaman bukan pangan. Untuk budidaya tanaman hias mempergunakan cocopeat selaku campuran media tanam sangatlah disarankan ataupun budidaya sayuran pada lahan-lahan sempit yang memakai pot. Penggunaan cocopeat pada media tanam bisa menaikkan hasil dan mutu tanaman yang dibudidayakan. Cocopeat atau sabut kelapa ini cocok sekali untuk seluruh jenis tanaman.

Demikianlah bahasan singkat mengenai fungsi cocopeat dalam bidang pertanian. Sedikitnya ada 6 manfaat yang dapat kita rasakan dari fungsi sabut kelapa ini. Fungsi cocopeat tersebut memang banyak, bahkan dalam sistem hidroponik nama cocopeat alias sabut kelapa sudah tidak asing lagi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba, mudah-mudahan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *