Durian Merah, Rasanya Manis dengan Kadar Alkohol Rendah

Durian Merah, Rasanya Manis dengan Kadar Alkohol Rendah

Urbanina.com – Tidak salah memang bila buah durian dinobatkan menjadi rajanya buah atau king of fruits sebab buah yang mempunyai aroma paling kuat ini benar-benar mempunyai banyak manfaat. Salah satu diantaranya adalah Durian Merah dan tanaman ini dikembangkan di Banyuwangi. Buah durian ini mempunyai keistimewaan pada bijinya yang kecil, dagingnya tebal, dan daging buahnya berwarna merah merona. Disamping itu, durian ini mempunyai kadar alkohol yang rendah sekali sehingga aman sekali dikonsumsi dalam jumlah banyak. Rasanya yang amat khas ketimbang durian yang lainnya dan banyak mengandung gizi yang tinggi semakin meningkatkan cita rasa durian yang satu ini.

Durian merah adalah salah satu varietas durian unggulan yang berawal dari Banyuwangi. Tanaman durian jenis ini bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah berketinggian 500-1000 m dpl dengan iklim panas 30-35oC. Tanaman durian yang daging buahnya berwarna merah ini cocok sekali dengan tanah berjenis podsolik merah kuning dengan tingkat keasaman 6-7 dengan curah hujan sekitar 1500-2500 mm/tahun. Tanaman ini mempunyai bentuk batang yang sama dengan jenis durian lainnya, namun daunnya memanjang dengan warna hijau di permukaan atasnya dan pada bagian bawahnya berwarna kecoklatan.

Durian Merah, Rasanya Manis dengan Kadar Alkohol Rendah

Tanaman buah yang dalam bahasa Latin disebut Durio graveolens ini dijuluki durian merah lantaran sanggup memberikan daging buah yang memiliki warna merah. Kecuali itu, durian ini mempunyai aroma buah yang sangat menyengat, daging buahnya lebih tebal, lebih manis, dan memiliki kadar alkohol yang rendah. Hal ini tentunya menjadi kabar baik untuk penikmat durian bila ingin mengonsumsi dalam jumlah tidak sedikit. Durian merah ini cuma bisa berbuah sekali dalam setahun dan tak dapat diprediksi kapan musim berbuahnya.

Tanaman buah berduri ini dipercaya mengandung kalsium yang relatif tinggi yang baik sekali untuk kesehatan tulang. Disamping itu, durian ini mengandung vitamin C tinggi yang bermanfaat sekali untuk antioksidan dan memelihara daya tahan tubuh. Mengonsumsi buah durian merah terbukti bisa membantu mengatasi sembelit dan meningkatkan nafsu makan pada anak-anak berkat kandungan vitamin B1-nya.

Demi melindungi supaya durian unggulan ini tidak kehilangan identitasnya selaku ikon daerah Banyuwangi maka tiap-tiap adanya pengiriman bibit keluar daerah dilaksanakan pencatatan disaksikan notaris. Sejalan dengan kemajuan penyebarannya, dari 200 pohon yang ada terdapat 62 jenis durian merah asli Banyuwangi yang sukses dibudidayakan dan menyebar di 5 kecamatan. Akan tetapi yang telah dipublikasikan kepada umum baru 32 varian, sementara itu yang dapat dimakan buahnya cuma 25 jenis.

Dari 62 jenis itu, durian merah dikategorikan menjadi 3 golongan menurut warna daging buahnya. Pertama ialah durian merah bocking yang semua dagingnya mempunyai warna merah. Yang kedua yakni durian merah pelangi yang daging buahnya memiliki warna kuning dan merah, serta yang terakhir adalah durian grafika yang mana daging buahnya menghasilkan warna merah, putih, dan kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *