Beras Hitam dan Berbagai Manfaatnya

Urbanina.com – Beras hitam mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Menurut asal-usulnya, beras ini diduga sebagai makanan kaum raja. Di Cina pernah dijuluki sebagai beras terlarang (forbiden rice) sebab pada waktu itu cuma keluarga kerajaan yang dapat mengonsumsinya.

Pada umumnya ada tiga macam beras, yaitu beras hitam (Oryza sativa L. indica),  beras merah (Oryza glaberrima), dan beras putih (Oryza sativa). Dari ketiga macam beras itu, beras putihlah yang banyak sekali dikonsumsi lalu diikuti dengan beras merah.

Beras Hitam dan Berbagai Manfaatnya [ ]

Di Indonesia, masyarakat lebih mengenali ketan hitam daripada beras hitam. Walaupun warnanya sama, beras hitam berlainan dari ketan hitam. Demikian juga dengan kandungan nutrisinya. Karakter dan teksturnya seperti beras biasa ketimbang ketan.

Dari hal rasa, beras hitam agak pera tidak demikian “pulen” seperti beras putih. Untuk menanaknya, diperlukan lebih banyak waktu dan air. Sesudah matang, beras ini mempunyai aroma kuat yang menggugah nafsu makan.

Ada pun manfaat utamanya adalah sebagai berikut:

Mencegah kanker. Beras ini mengandung antosianin yang tinggi. Antosianin adalah salah satu diantara jenis antioksidan yang kuat sekali. Zat antioksidan ini memiliki peran aktif dalam mencegah penyakit kanker.

Mencegah diabetes. Nilai kalorinya paling rendah ketimbang jenis beras yang lainnya. Kandungan kalori ini berhubungan erat dengan indeks glikemik. Indeks glikemik adalah angka yang memperlihatkan seberapa besar suatu makanan dapat menaikkan kadar gula dalam darah sesudah dimakan. Semakin tinggi indeks glikemik, maka makanan itu akan merangsang peningkatan gula darah semakin tinggi juga. Alhasil beras ini dikelompokkan sebagai pangan sehat dan disarankan untuk penderita diabetes.

Mencegah penyakit jantung.  Beras merah mengandung serat yang tinggi. Hal ini dapat dirasakan dari rasanya yang agak pera dan tidak pulen seperti beras putih. Tiap-tiap makanan yang memiliki kadar serat tinggi tentunya akan mempunyaii peran aktif dalam melindungi kesehatan jantung Anda.

Obat anemia. Memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi adalah salah satu unsur yang penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Maka dari itu makanan yang kaya dengan zat besi dianjurkan sekali untuk penderita anemia.

Anti aging (anti penuaan). Hal ini masih berhubungan dengan kandungan antioksidan yang berfungsi dalam memulihkan sel-sel tubuh yang rusak sehingga akan nampak lebih awet muda dan bugar.

Berbagai jenis beras hitam di Indonesia asalnya dari kultivar yang berbeda. Sebagian besar petani memperolehnya dari warisan turun-menurun. Beberapa diantaranya ada yang membudidayakannya dari beras hitam yang beredar di pasaran.

Benih beras hitam yang ada di pasaran diantaranya adalah Toraja (Sulawesi), Cibuesi (Subang), Melik (Lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah), dan Cempo Ireng (Kulon Progo, Sleman).

Tanamannya berumur panjang. Pada umumnya hambatan pengembangan beras hitam ialah pada umur panennya yang panjang  (sekitar 200 hari). Tetapi ada sebagian varietas yang telah genjah dapat dipanen dalam empat bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *