Ragam Masakan Kentang, Selaras Banyaknya Manfaat Kentang

Ragam Masakan Kentang, Selaras Banyaknya Manfaat Kentang

Urbanina.com – Masakan kentang sangatlah beragam seiring dengan pesatnya inovasi yang dikembangkan oleh para chef di seluruh dunia. Mulai dari kentang goreng, semur kentang hingga snack potato atau makanan ringan anak yang dibuat juga dari kentang. Banyaknya ragam masakan kentang sudah menjadi kabar yang tidak asing lagi bagi para penikmat buah yang satu ini. Namun, bagaimana dengan manfaat kentang?

manfaat kentang

Manfaat kentang juga beragam, tak kalah dengan ragam dari masakan kentang itu sendiri. Hal ini tak luput karena gizi yang terkandung pada kentang memanglah banyak. Para ahli percaya, bahwa kentang setidaknya mengandung karbohidrat, fosfor, zat potasium, magnesium, vitamin B6, zat besi, protein, lemak nabati,kalsium dan mineral-mineral penting lainnya. Kandungan gizi tersaebut terbukti cukup untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berikut manfaat kentang yang perlu kita ketahui.

  1. Kentang dapat mencegah kanker

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi kentang. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B6 pada kentang bisa mencegah tumbuhnya tumor yang mengakibatkan tumbuhnya kanker.

  1. Kentang juga dapat mengurangi kadar kolesterol

Banyak yang tidak menyukai penyakit kolesterol belakangan ini, meski penyakit ini dapat menyerang siapa saja. Kentang dalam membantu mengurangi kolesterol adalah melali zat potasium yang terkandung didalamnya. Zat potasium berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol pada darah. Sehingga, kolesterol dalam tubuh dapat terkurangi.

  1. Manfaat kentang menyehatkan tulang

Kentang dapat dikatakan sebagai makanan yang sangat baik untuk organ yang bernama tulang. Karena, banyaknya zat gizi yang terkandung pada kentang sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Kesehatan tulang yang terjaga juga bisa diperoleh lewat zat fosfor yang terkandung pada kentang tersebut.

  1. Kentang dapat memelihara kesehatan otak dan saraf

Perlu diketahui, bahwa kandungan vitamin B6 pada kentang tak hanya untuk mencegah kanker saja. Vitamin tersebut juga baik untuk memelihara kesehatan otak. Dan juga, saraf yang melakukan proses transmisi juga terbantu oleh vitamin B6 yang terkandung pada kentang.

  1. Kentang dapat mengurangi resiko batu ginjal

Kesehatan organ ginjal harus diperhatikan agar tetap sehat hingga hari tua. Kentang merupakan makanan yang dihindari oleh penderita batu ginjal karena kandungan kalsium dan zat besi tidak baik bagi mereka. Namun bagi orang sehat yang tidak ingin memiliki batu ginjal, kentang adalah makanan yang baik untuk mencegah penyakit tersebut. Karena, kandungan magnesium pada kentang dapat menolak kalsium yang terdapat pada jaringan ginjal.

  1. Kentang juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sel baru

Sel yang terdapat pada tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik dan menjadikan tubuh sehat. Nah, kandungan vitamin B6 pada kentang merupakan salah satu zat yang dapat membantu lancarnya pembentukan sel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *