Beragam Manfaat Terung Bagi Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Terung Bagi Kesehatan Tubuh

Urbanina.com – Buah terung adalah salah satu buah yang sudah terkenal sejak lama. Warna ungu pada kulitnya begitu menarik di mata. Setelah dimasak, terung akan membuat masakan menjadi lebih enak dan lezat. Saat ini, para petani terung sangat memperhatikan bagaimana penanganan terung mulai dari tumbuhnya tanaman sampai dengan tanaman dipetik. Hal ini perlu dilakukan mengingat manfaat terung yang sangat banyak menjadikan para orang tua tertarik untuk menjadikan terung menu utama.

manfaat terung

Bila ditelusuri, terung ternyata satu family dengan kentang dan tomat. Manfaat terung telah banyak diuji di banyak Negara di Asia. Di Korea, terung menjadi salah satu sayuran yang memiliki khasiat khusus untuk kesehatan tubuh. Terung yang sudah dikerrangkan mereka percaya dapat menjadi obat untuk berbagai penyakit seperti encok, sakit pinggang, dan nyeri lainnya.

Tak hanya di korea, di Jepang pun demikian. Buah yang juga berwarna putih ini telah teruji dapat menekan sel-sel yang dapat menyebabkan kanker. Dan masih banyak lagi manfaat terung untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, sebelum membahas itu mari kita lihat apa saja kandungan gizi yang ada pada terung ini. Pada satu buah terung terkandung 20 kalori, 0,8 gram protein, karbohidrat 4,82 gram, lemak hanya 0,15 gram, dan mengandung 5 gram serat. Selain itu juga terkandung vitamin C, vitamin B6, Kalium, Zatbesidan magnesium, serta terkandung anthocyanin yaitu senyawa alami phytochemical atau yang lebih dikenal sebagai flavonoid.

Setelah mengetahui kandungan gizi pada terung, pasti terbayang apa saja manfaat terung untuk kesehatan tubuh. Maka, berikut bebrapa manfaat terung untuk kesehatan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi terung berarti mengkonsumsi gizi tinggi yang terkandung didalamnya. Terung dapat menjaga kesehatan jantung dikarenakan kadar flavonoid yang ada pada terung dapat bekerja pada tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung sebesar 34%.

  1. Dapat mencegah kanker

Manfaat terung yang kedua adalah untuk mencegah penyakit ganas bernama kanker. Kandungan polifenol lah yang berperan dalam hal ini. Dengan dibantu anthocyanin dan klorogonat, ketiga zat tersebut dapat berkombinasi dan menjadi antioksidan, anti-inflamasi serta pencegah tumbuhnya sel-sel kanker didalam tubuh.

  1. Dapat menurunkan berat badan

Termasuk buah yang memiliki kadar air tinggi tetapi kadar kalorinya rendah. Sehingga bagi orang-orang yang sedang diet ingin menurunkan berat badan, makanan ini sangat cocok dan sangat dianjurkan. Tak hanya itu, terung juga dianjurkan agar dimakan dalam bentuk mentah dan dalam jumlah yang banyak.

  1. Menyehatkan organ pencernaan

Banyak sayuran yang memiliki kadar serat yang banyak, tak terkecuali terung. Dengan mengkonsumsi terung, maka akan menyehatkan organ pencernaan berkat kandungan serat tadi. Dengan begitu, ancaman akan penyakit kanker usus besar dapat dihindari.

  1. Dapat mengontrol gula darah

Banyak penderita diabetes yang dianjurkan untuk mengkonsumsi terung ini. Selain karena seratnya yang banyak, terung juga memiliki karbohidrat larut yang rendah. Dengan begitu, kandungan pada terung dapat mengontrol kadar gula darah serta penyerapan glukosa.

  1. Dapat mencegah diabetes

selain untuk para penderita diabetes, terung juga sangat baik untuk orang-orang yang tidak ingin terkena penyakit diabetes ini. Gizi pada terung yang mengatur kadar gula darah dapat membuat seseorang terhinar dari penyakit diabetes.

  1. Membuat kulit menjadi sehat

Terung yang mengandung kadar air yang banyak tentu berpengaruh pada kesehatan kulit pada tubuh. Karena, ketersediaan air akan membuat kulit terhidrasi dengan baik. Kandungan mineral dan vitamin pada terung juga berperan untuk membuat kulit menjadi sehat dan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *