10 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Urbanina.com - Siapa sih orangnya yang tidak mengetahui buah nangka? Buah yang satu ini dikenal mempunyai daging yang terbilang tebal dan memiliki warna kekuningan ketika matang, rasanya manis dan memiliki kandungan air yang banyak di dalamnya. Buah nangka sering disebut juga dengan nama buah gori. Buah ini dipercaya asalnya dari India bagian Selatan dan pada perkembangannya selanjutnya nangka sudah menyebar kesseluruh dunia, tak terkecuali ke Indonesia. Namun, belum semua orang mengetahui manfaat buah nangka untuk kesehatan kita? Manfaat buah nangka untuk kesehatan cukuplah banyak, tidak hanya dimanfaatkan untuk beberapa macam masakan khas Indonesia, seperti masakan gudeg misalnya. Nangka menjadi sumber pangan yang banyak mengandung zat seng, niasin, riboflavin, kalsium, kalium, thiamin, zat besi, vitamin A, dan Vitamin C. Buah ini memiliki serat yang berkalori rendah sehingga baik untuk pengidap penyakit jantung. Selain itu, tanaman inipun menjadi tanaman kesayangan kalangan petani di wilayah pegunungan dan para pemula lantaran peemeliharaannya yang amat praktis. Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Di bawah ini ialah manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh manusia.
  1. Zat besi di dalam buah nangka bisa membantu menghindari anemia dan menaikkan peredaran darah di dalam tubuh.
  2. Salah satu manfaat buah nangka ialah menjaga tiroid tetap sehat. Mineral tembaga dan juga mikro dalam nangka ampuh untuk memperlancar metabolisme tiroid. Hal ini pastinya baik sekali untuk penyerapan dan membuat hormon.
  3. Kandungan zat kalium di dalam nangka efisien dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung sebab bisa mengurangi tekanan darah.
  4. Akar adalah obat yang bagu untuk pengidap asma. Merebus akar dan ekstrak nangka nyatanya dapat membantu untuk mengendalikan asma.
  5. Nangka bisa mengatasi borok dan masalah pencernaan. Buah yang memiliki serat tinggi ini dapat menghindari sembelit dan melancarkan gerakan usus.
  6. Gula alami, yakni sukrosa dan fruktosa, dalam buah nangka membuatnya menjadi sebuah sumber energi. Nangka tidak memiliki kandungan kolesterol atau lemak jenuh.
  7. Nangka adalah salah satu sumber pangan yang banyak mengandung vitamin A dan Vitamin C. Nutrisi antioksidan di dalam nangka bermanfaat untuk menguatkan sistem daya tahan tubuh dan menjaga dari infeksi virus dan bakteri.
  8. Nangka berguna untuk kesehatan kulit dan mata. Vitamin A di dalam buah ini berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kehalusan kulit. Nangka juga bisa menghindari gangguan mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.
  9. Khasiat nangka bagi tulang. Nangka banyak mengandung magnesium yang bisa menguatkan tulang dan menghindari tubuh dari masalah tulang semisal rapuh tulang/osteoporosis. Buah inipun baik sekali bagi anak-anak muda dalam melindungi kesehatan tulang.
  10. Nangka mempunyai sifat antikanker dan antipenuaan lantaran kandungan phyto-nutrisi dan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Nutrisi ini bisa mencegah Anda dari bahaya kanker dan menghambat degenerasi sel untuk menghindari tubuh dari terkena penyakit degeneratif.
Demikianlah 10 manfaat buah nangka untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui dan bisanya luput dari perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *