Dedy Prajoko Sukses dengan Cabai Unik dan Dedy Ranch Village

Dedy Prajoko Sukses dengan Cabai Unik dan Dedy Ranch Village

Sukses dengan cabai unik dan benih unik lainnya dengan mengusung brand Dedy Ranch Villagecabai unik terpedas

Dibawah ini petikan wawancara tim urbanina dengan pak Pak Dedy Prajoko dengan cabai unik dan Dedy Ranch Village nya:

Urbanina :nama lengkap dan tanggal lahir bapak?

Dedy Prajoko tanggal lahir Kebumen, 14 Des 1987

Urbanina :mulai minat di dunia pertanian kapan?

Tahun 2012, dimulai dari menanam tanaman anggur.

Urbanina : kenapa suka di dunia pertanian?

Urbanina : oiya kuliah di fakultas apa/

Kuliah di Sosiologi Antropologi UNS 2006, menekuni pertanian karena mendapat pencerahan selama dalam perkuliahan bahwa hanya ada 3 bidang ilmu besar yang akan selamanya dijalanankan untuk roda bisnis di dunia, bidang kesehatan, bidang pangan, dan teknologi informasi, dari pemahaman itulah saya ingin bisnis pertanian yg tak lekang dimakan waktu.

Urbanina : kalo dedy ranch village sendiri focus di apanya? taglinenya ” grow your own food ya ?

Urbanina : terus saran untuk anak muda yang ingin ber gelut di dunia pertanian ?

Dedy ranch village pada awalnya fokus hanya pada tips dan trick dalam menanam makanan di rumah secara mandiri, namun seiring waktu berjalan, publikasi tutorial tentang menanam sesuatu ternyata diikuti dengan banyaknya permintaan order benih unik terutama cabai unik yang ditanam seperti di dalam tutorial yang dipublish sehingga Dedy ranch kini juga menjelma menjadi “bank benih”. Konsep bank benih terinspirasi dari perusahaan benih heirloom “Territorial Seed Company”. Menyimpan aneka benih lokal yang mulai hilang ditelan benih hybrida, untuk mendapatkan benih lokal langka tersebut bisa membeli langsung ataupun bisa bertukar benih.

Saran untuk yg baru memulai dalam bercocok tanam, jangan banyak berpikir, “Taburlah benih apapun benihnya, dan meskipun tidak yakin akan merasakan hasilnya, tetap tabur benih. Tanamlah bibit meski tidak yakin akan memetik buahnya, tetaplah tanam bibit. Tanamlah sendiri makanan yang kamu makan sendiri daripada membeli makanan di market yang saat ini sebagian besar telah “diracuni” oleh perusahaan besar di dunia, mulai dari benih, pengendali hama, sampai zpt. Tanam sendiri = sehat.

Urbanina : untuk pasar dedy ranch village sendiri paling besar dari kota / propinsi mana?

Dari jawa barat, pertanian kota lebih banyak order daripada pertanian desa, mungkin krn publish dedyranch via internet jd yg mengakses mayoritas dari kota.

Urbanina : berarti memang targetnya urban farmer ya?

Nyata nya memang urban farmer yg banyak menyerap benih dr dedyranch.

Urbanina : siip..

Urbanina : saat ini pak dedy mengelola berapa pohon, berapa jenis dan di lahan berapa luas

Saat ini saya mengelola puluhan jenis cabai, untuk lahan khusus cabai saya ukuran sekitar 5000m2, untuk produksi benih lain saya sengaja bekerjasama dengan petani lokal, jd lahan tersebar di beberapa daerah di jawa dan sumatera.

Urbanina :mantab..

Urbanina :selama ini benih cabai apa yang best seller? atau benih lain apa?

Paling banyak cabai yg laku karena jenis nya terbanyak, dan yg pernah booming adalah cabai pelangi bolivian rainbow, terjual sampai ratusan ribu benih dalam 3 bulan masa booming. Sampai sampai seller jual kosmetik dan barang lain ikut menjual benih cabai rainbow, sayang masa kejayaan cabai tidak bertahan lama karena benih dr china masuk sebagai kompetitor yg merusak pasar dengan menyebar benih rainbow palsu. Sehingga kepercayaan terhadap benih cabai rainbow diambang kritis.

Urbanina : wah serbuan china ya.. terus gimana kiat pad dedy menghadapinya?

Iya China dengan kemasan Mr. Fothergile palsu. Dedyranch bertahan dengan memberikan edukasi pada setiap orang yg mencari benih cabai bolivian rainbow, dengan edukasi dan jaminan 100% uang kembali jika palsu. Intinya dalam bisnis pertanian harus berorientasi pada edukasi, secara otomatis bisnis akan jalan mengikuti banyak nya orang yang diedukasi dan diberi pemahaman pola pikir kita.

iya pak..

Urbanina : saat ini team dedy ranch sendiri ada berapa orang

Urbanina :dan ada berapa petani binaannya / petani yang diajak kerjasama

Dedyranch ada 3 orang termasuk saya yang menjalankan pak.

Untuk petani nya bukan petani sebenarnya, awalnya hanya hobi yang sama namun saat ini bekerjasama mensuplai yg saya butuhkan. Jumlahnya sekitar 13 pihak yang berkerjasama menyediakan benih cabai unik dan benih lainnya untuk dedyranch.

Urbanina : oke pak.. apa cita2 dedy ranch village 3 tahun kedepan

Saya ingin memiliki produk olahan dari cabai, jd tidak hanya benih saja tapi product turunan lain nya agar tidak ada yg terbuang, selama ini kulit cabai unik hanya dibuang tanpa diolah.

oke pak dedy sementara itu dulu semoga menginspirasi.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *