Rasa Durian Musang King Memang Istimewa

Rasa Durian Musang King Memang Istimewa

Urbanina.com – Buah durian selama ini menyandang gelar sebagai king of fruits alias rajanya buah. Namun bagaimana bila durian itu sendiri mempunyai raja lagi? Salah satu diantara jenis buah durian tersebut saat ini ada yang dijuluki sebagai rajanya durian, yakni durian musang king. Bila kita mendengarkan namanya tentu terasa sangat menakutkan. Tetapi berbeda sekali dengan namanya yang terdengar aneh dan agak mengerikan, nyatanya rasa durian musang king ini dinilai mengalahkan rasa dari beberapa jenis buah durian yang lainnya, seperti durian d24, durian sitokong, durian montong, dan lain sebagainya.

Durian musang king adalah buah durian yang datang dari negeri jiran, yakni Malaysia. Buah durian ini pertama kalinya dikenalkan kepada publik pada tahun 1990-an di daerah Kelantan, Malaysia. Masyarakat Kelantan menyebut tanaman durian ini dengan julukan musang king atau raja kucing. Tanaman durian musang king didaftarkan sebagai varietas unggul ke permerintahan Malaysia untuk pertama kalinya pada tahun 1993.

Rasa Durian Musang King Memang Istimewa [ ]

Sementara itu di Indonesia, durian musang king pertama kalinya merambah ke Indonesia melalui Pekanbaru. Pada tahun 2000 telah diketemukan beberapa tanaman yang sudah ditanam di sebuah perkebunan yang diyakini sebagai tanaman buah durian musang king. Kemudian baru pada tahun 2003 ketika majalah Trubus memuat tulisan mengenai durian musang king di rubriknya perkebunan-perkebunan besar di Indonesia mulai membudidayakan durian ini. Dari mulai saat itulah kepopuleran buah durian musang king mulai dikenali di Indonesia secara luas dan mulai banyak dijajakan di pasar-pasar swalayan. Moment itu merupakan hal positif untuk para penggemar buah durian sebab tidak perlu repot-repot lagi ke Malaysia untuk menikmati rasa durian musang king yang tiada duanya ini.

Durian musang king sampai sekarang memang banyak yang menganggapnya selaku buah durian nomor wahid dengan mengungguli durian merah dan durian montong. Durian ini mempunyai daging buah yang warnanya kuning, daging buahnya tebal, sedangkan bijinya kempes. Rasa durian musang king terasa unik karena rasanya manis bercampur agak pahit. Buah durian musang king di pasaran Indonesia dibandrol dengan harga kira-kira Rp.400.000 hingga Rp.600.000 per buah.

Pada tanaman durian musang king terdapat kaki ganda atau kaki tiga. Keunggulan dari pemakaian kaki ganda ialah memacu pertumbuhan tanaman tersebut. Pasalnya kaki ganda menyebabkan penyerapan unsur hara ke batang utama menjadi lebih maksimal. Pada tanaman durian dengan pemberian pupuk 2,5 kg kompos setiap 3 bulan dan 1 kg NPK berisi fosfor dan kalium tinggi setiap 6 bulan bisa mempercepat tanaman jadi lebih siap pindah ke tahap generatif (pembuahan).

Penyerapan unsur hara yang optimal itu berpengaruh pada banyaknya karbohidrat yang menjadikan buah lebih manis. Saat buah matang di pohon rasa manis terus akan menimbulkan cita rasa agak pahit dan wangi. Rasa pahit timbul sebab pada proses pematangan buah mengalami fermentasi karbohidrat yang memproduksi alkohol. Alkohol ini pula yang membuat aroma durian musang king menyengat.

Bagaimana? Apakah Anda masih tertarik untuk menikmati rasa durian musang king yang dikenal sebagai raja dari rajanya buah ini. Nah, daripada penasaran mendingan langsung Anda mencobanya sendiri. order bibitnnya klik pada gambar dibawah ini :

jual bibit durian musangking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *