Membuat Kaktus Untuk Souvenir Sebagai Peluang Bisnis

Membuat Kaktus Untuk Souvenir Sebagai Peluang Bisnis

Urbanina.com – Apakah Anda suka dengan tanaman hias? Bila memang suka, pastinya Anda tahu kaktus, bukan? Tanaman sukulen yang memiliki duri ini nyatanya relatif banyak penggemarnya dan peluang usaha kaktus di Indonesia terbilang besar. Pasalnya memelihara kaktus lebih mudah perawatannya ketimbang tanaman hias yang lainnya. Tidak usah khawatir bila Anda lupa menyiramnya. Tidak usah pula diberi pupuk secara terus-terusan. Tidak repot merawatnya, bukan? Oleh karena itu tanaman yang tahan hidup di wilayah gurun pasir ini penggemarnya cukup banyak. Benarkah kaktus untuk souvenir bisa dijadikan peluang usaha?

Peluang usaha kaktus di Indonesia mengapa dibilang besar? Pasalnya dapat dikatakan tanaman ini merupakan tanaman yang disukai sepanjang masa. Menilik dari banyaknya orang yang menggemari kaktus sepertinya peluang bisnis ini cukuplah menjanjikan. Kemudian bagaimana caranya kita membaca peluang kaktus tersebut di Indonesia? Kita dapat menciptakan kaktus bukan sekadar tanaman hias semata tetapi pula dapat menjadikan kaktus untuk souvenir buat acara ulang tahun, pernikahan, atau event-event yang lainnya.

Membuat Kaktus Untuk Souvenir Sebagai Peluang Bisnis

Tidak sama dengan kaktus kebanyakan, kaktus untuk souvenir umumnya adalah kaktus sambungan. Alhasil lebih kelihatan indah sebab lebih beraneka ragam dan berwarna. Lantas bagaimana cara membuat kaktus untuk souvenir?

Ada dua varian kaktus untuk souvenir.

Kaktus Sambung

  • Pertama-tama kaktus dipotong dengan cara horizontal di bagian batang bawah menggunakan pisau yang benar-benar tajam dan bersih.
  • Lalu pada bagian pucuk batang bawah kaktus disayat secara miring dengan sudut kemiringannya kurang lebih 45 derajat supaya permukaan bidang sayatan tersebut lebih sempit.
  • Setelah itu batang atas kaktus dipotong dengan posisi horizontal. Kemudian batang atas ditempelkan dengan cara mendatar (horizontal). Selanjutnya kedua batang tersebut ditempelkan sampai melekat rapat.
  • Langkah berikutnya kaktus diikat dengan tali rafia sampai kuat. Kemudian ditempatkan di tempat yang teduh/terlindung dari sinar matahari dengan peredaran udara yang baik.
  • Ikatannya dilepaskan sesudah 5-7 hari.
  • Masukkanlah ke dalam wadah kecil yang telah diisi tanah.
  • Selanjutnya Anda bisa mengemasnya dengan plastik mika yang transfaran lalu diberi/ditambahkan pita. Janganlah sampai kelupaan untuk memberi lubang supaya kaktus tersebut tidak membusuk.

Miniatur Garden Kaktus

  • Sediakan pot yang lebarnya seukuran mangkok, lalu kaktus kecil ditanamkan di bagian tengah pot tersebut.
  • Letakanlah tanaman kaktus yang berukuran lebih kecil di sekeliling kaktus tersebut atau bisa juga menggantinya dengan tanaman jenis gasteria, hawertia, eceveria, dan sansivera.
  • Kemudian Anda dapat mengemasnya dengan menggunakan plastik mika yang transfaran lalu diberikan pita untuk mempercantiknya. Tidak boleh lupa untuk memberi lubang supaya kaktus tidak menjadi busuk.

Pada umumnya kaktus untuk souvenir berupa kaktus sambung dijual/dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 7500-Rp 25.000/pcs. Sementara itu miniatur garden kaktus dapat dijual dengan harga mulai dari Rp 35.000. Apabila Anda ingin mempromosikannya bisa melalui sosial media atau Anda dapat menjualnya secara langsung saat mengikuti pameran tanaman hias.

Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *