Mangga Podang Mangga Lokal Berpeluang Ekspor

Mangga Podang Mangga Lokal Berpeluang Ekspor

Urbanina.com – Mangga podang urang adalah mangga unggulan lokal Kabupaten Kediri. Mangga ini benar-benar istimewa. Disamping kulit buahnya berwarna jingga condong kemerahan, daging buah mangganya yang memiliki bobot sekitar 200-250 gram itu mempunyai warna hampir serupa. Seratnya pun rendah dan kadar airnya relatif tinggi sehingga tepat sebagai olahan dan buah meja seperti pure mangga.

Sebenarnya ada tiga jenis mangga podang yang dipasarkan, yaitu mangga podang nanas, mangga podang lumut, dan mangga podang urang. Mangga ini mempunyai penampilan warna buah seperti mangga gedong gincu namun dengan rupa buah yang berlainan. Bila gedong gincu mempunyai bentuk condong bundar maka mangga podang mempunyai bentuk condong lonjong seperti mangga harum manis namun dengan ukuran kecil.

Mangga Podang Mangga Lokal Berpeluang Ekspor [ ]

Mangga podang urang saat ini telah tersebar di beberapa daerah di Kediri (Jawa Timur) seperti Kecamatanan Grogol, Tarokan, Mojo, Semen, dan Banyakan. Tanaman mangga ini dapat mencapai tinggi sekitar 10 meter, lebar tajuknya kira-kira 10 meter, bercabang banyak dengan kanopi rapat, tajuknya berbentuk seperti piramida yang tumpul. Mangga ini pun mempunyai penampang batang yang berbentuk silindris, batangnya mempunyai warna cokelat, lingkar batangnya berukuran kira-kira 105 cm, serta permukaan batangnya sedikit kasar.

Buah mangga podang urang memiliki bentuk jorong, ada paruhnya sedikit dan runcing ujungnya. Buahnya mempunyai panjang kira-kira 12,5 cm dan lebarnya 7 cm, serta diameter buahnya 5 cm. Bila matang/masak, buahnya memiliki warna merah kekuningan, ketebalan daging buahnya 2-2,5 cm, warna daging buahnya jingga, buahnya bertekstur lunak, cukup berair dan memiliki serat halus.

Rasa buah ini termasuk manis, pasalnya kandungan gulanya lumayan tinggi yaitu 13,95 briks. Buahnya juga beraoma harum. Berat setiap buahnya sekitar 220-250 gram. Bijinya berbentuk lonjong dan pipit serta berukuran kecil. Bijinya berukuran panjang 10,2 cm, lebar 3,5 cm, dan tebalnya 1,2 cm.

Kandungan vitamin C dalam mangga ini kira-kira 5,331 mg/100 gr, kandungan asamnya 0,088%, dan kadar airnya sekitar 77%. Daya simpan buah ini pada suhu kamar dapat mencapai 5-6 hari dengan tingkat produktivitasnya bisa 75-100 kg/tanaman. Mangga ini cocok dibudidayakan di daerah/wilayah dataran rendah pada ketinggian 200-300 m dpl, kelembabannya sedikit kering. Musim panen buah mangga ini biasanya pada bulan November-Januari.

Mangga podang urang ini mempunyai nilai ekonomis yang relatif tinggi dan memiliki peluang untuk diekspor ke negara-negara lain di kawasan Asia dan Eropa. Ia lumayan prospektif untuk mencukupi permintaan pasar dari Singapura, Jepang, dan Korea yang menyenangi mangga yang mempunyai tampilan menarik dengan rasa buahnya campuran antara manis dan agak masam.

Petani-petani atau pembudidaya mangga di daerah sentra biasanya memasarkan mangga podang dalam bentuk segar kepada para pedagang pengumpul/penebas. Tetapi sekarang mangga ini sudah dikembangkan menjadi beragam produk olahan yang bernilai ekonomis. Mangga ini bisa diolah menjadi berbagai produk seperti leather, keripik, manisan, jelly, dodol, minuman sari mangga, sirup, jus dan lain-lain sebagai oleh-oleh khas dari Kediri selaku penghasil mangga Podang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *