Mangga Namdokmai dan Beberapa Keistimewaannya

Mangga Namdokmai dan Beberapa Keistimewaannya

Urbanina.com – Mangga namdokmai adalah mangga perkenalan yang berasal dari negara Thailand yang cukup terkenal. Namdokmai adalah varietas mangga perbaikan dari mangga okyong yang sudah terlebih dahulu masuk ke Indonesia. Mangga namdokmai sanggup menghasilkan buah lebih awal, jumlah buahnya juga lebih banyak, dan ukuran buahnya lebih besar dibandingkan dengan mangga Okyong. Mangga ini mempunyai rasa yang amat manis sekali dan memiliki daging buah yang lembut serta agak berserat.

Mangga namdokmai merupakan mangga unggulan yang asalnya dari Siam, tekstur buahnya empuk dan nyaris tanpa adanya serat dan biji buahnya amat tipis. Inilah yang membuat mangga varietas ini tidak sedikit disukai oleh para penyantap mangga. Mangga ini adalah varietas yang banyak sekali dikembangkan di negara Thailand. Pasalnya jenis mangga yang satu ini banyak disenangi oleh kalangan konsumen lokal maupun konsumen dalam negeri lantaran mangga ini bisa dipetik/dipanen sekitar di atas 100 hari sesudah mengeluarkan bunga.

Mangga doknammai

Perawatan mangga namdokmai tidaklah jauh berbeda dengan varietas mangga yang lainnya, Mangga ini tergolong mudah dalam pemeliharaannya. Untuk mencapai buah yang pertamakalinya umumnya memerlukan waktu kira-kira sekitar 3 tahun dari waktu penanaman bibit tanaman dari hasil okulasi. Tanamannya memiliki cabang-cabang yang kuat dan bentuknya mudah diatur.

Buah mangga namdokmai memiliki bentuk yang lonjong sedikit bundar dengan pangkalnya yang  besar dan berujung runcing. Ukuran buahnya besar dengan berat buahnya lebih kurang  340 – 400 gram. Kulit buahnya tipis dan memiliki warna kuning kehijauan sampai kuning merata. Daging buahnya tebal dengan tekstur yang lembut, tidak berserat, warna daging buahnya hijau kemerahan terasa manis dan memiliki aroma harum, biji pelok-nya tipis dan memiliki ukuran kecil.. Mangga namdokmai yang sudah matang bisa tahan selama 5-7 hari dalam masa penyimpanan.

Tanaman mangga namdokmai tergolong tanaman dataran rendah. Tanaman ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian berkisar antara 0-300 meter dpl. Walaupun begitu tanaman ini pun masih bisa tumbuh hingga ketinggian 1.300 m dpl. Pada daerah yang mempunyai curah hujan sekitar 750 – 2.250 mm/tahun dan suhu berkisar antara 24 – 27°C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman buah ini. Jenis tanah yang disenanginya ialah tanah yang lembek, pengairan yang baik, tingkat keasamannya antara 5,5 – 6, dan dengan kedalaman air tanahnya berkisar antara 50-150 cm.

Pemberian pupuk dilakukan 4 kali dengan selangnya tiga bulan. Takarannya bertambah sesuai dengan usia tanaman. Sesudah mencapai tinggi 1 m sebaiknya bibit tanaman dipangkas pada perbatasan bidang pertumbuhan supaya bisa bercabang banyak. Cabang ini dipelihara 2-3 tunas setiap cabang. Pemangkasan diulang kembali setelah cabang baru meraih panjang 1 meter. Demikianlah seterusnya sampai diperoleh susunan 1-3-9 cabang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *