Manfaat Durian Sebagai Si Raja Buah

Manfaat Durian Sebagai Si Raja Buah

Urbanina.com – Durian adalah buah tropis yang disebut sebagai rajanya buah (king of fruits). Aromanya yang tajam dan rasanya yang unik menyebabkan buah ini sering menjadi buah kesayangan khususnya bila musim panen durian. Berbagai mitos kesehatan berkembang tentang manfaat durian si buah berduri ini, seperti  ibu hamil dilarang mengkonsumsi buah durian sebab berdampak pada kesehatan janinnya. Benarkah begitu?

Buah durian memiliki kandungan kalori yang relatif tinggi. Satu buah durian seberat 1 kg akan menyediakan 1470 kalori. Mengkonsumsi satu buah durian saja telah memenuhi kira-kira 73% kebutuhan harian yang dianjurkan orang dewasa yakni 2000 kalori. Kandungan energi yang tinggi dalam durian bisa menambah energi maka durian bisa dijadikan asal mula energi. Kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, serat, dan potassium yang banyak dalam buah ini un bisa membantu menambah kekuatan otot, mengendalikan tekanan darah, menurunkan stres dan kelelahan serta kecemasan. Durian pun bisa membantu menambah sistem  imunitas tubuh dan pembangunan sel darah merah. Disamping itu, durian pun mengandung tryptophan, organosulfur, antioksidan, fitosterol, polifenol dan fitonutrien.

榴莲
榴莲

Fitonutrisi adalah zat alami yang banyak terkandung pada sayuran dan buah-buahan. Manfaat durian melalui zat ini adalah untuk pemeliharaan kesehatan bersama dengan serat, mineral dan vitamin. Fitonutrisi dapat menghentikan zat penyebab kanker, menambah sistim daya tahan tubuh, menghindari katarak dan mengurangi kemungkinan terhadap beberapa penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, diabetes, dan kanker.

Fitosterol adalah zat penting yang tidak sedikit dikandung durian. Manfaat fitosterol diantaranya adalah memperbaiki ketahanan terhadap kanker, memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh dan secara langsung menghambat pertumbuhan tumor.

Yang tak kalah utama ialah kandungan tryptophan yang dikenal mempunyai efek ‘feel good’ untuk yang mengkonsumsi durian. Zat ini adalah salah satu dari asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membuat niacin, melatonin, dan serotonin yang bisa dipakai untuk menghindari rasa sakit, stres, susah tidur, rasa cemas, dll.

Tetapi tidak boleh mengkonsumsi buah ini dengan berlebihan karena tingginya kandungan energi yang ada pada durian sehingga mengonsumsi durian dengan berlebihan bisa menambah berat badan.

Benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi buah durian sebab berdampak pada kesehatan janinnya? Pada intinya durian tidak mempunyai pengaruh yang jelek bagi kesehatan ibu hamil, namun terdapat 2 kandungan zat yang ada  pada buah durian yang bisa memberikan pengaruh terhadap kehamilan yakni asam arachidonat dan alkohol.

Asam arachidonat merupakan senyawa yang merangsang terbentuknya prostaglandin, yakni senyawa yang dapat memicu kontraksi yang mennyebabkan keguguran di awal masa kehamilan dan kelahiran prematur di usia kehamilan menjelang trimester terakhir.  Sementara itu alkohol dapat menimbulkan gangguan pada pertumbuhan janin sehingga menyebabkan bayi lahir prematur ketika kelahiran dengan berat badan yang rendah.

Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir dengan manfaat durian jika mengkonsumsi durian dalam batas yang wajar. Pada intinya kedua zat itu tidak akan berdampak besar jika dimakan bukan oleh bumil, buah masih dalam kondisi segar, terawat kebersihannya dan jangan berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *