Keripik Buah, Peluang Usahanya Sangat Menjanjikan

Keripik Buah, Peluang Usahanya Sangat Menjanjikan

Urbanina.com – Perkembangan jaman yang semakin maju sudah menawarkan cara pengolahan buah yang memiliki nilai jual cukup tinggi, yaitu dengan mengolah buah menjadi keripik buah. Cara mengolah keripik buah ini dibuat dengan mempergunakan sebuah mesin yang disebut mesin vacuum frying. Cukup banyak aneka jenis buah yang memiliki potensi untuk dibuat jadi keripik seperti buah nanas, belimbing, semangka, melon, jambu dan mangga.

Mendalami usaha keripik buah pasti akan lebih mendapat keuntungan karena bahan bakunya mudah dan banyak ditemui di sekitar kita. Disamping itu pasar buat keripik buah inipun masih terbuka lebar, baik pasar dalam negeri ataupun luar negeri. Dengan nilai jual yang relatif tinggi, yakni sekitar Rp65.000 – Rp120.000 per kg-nya pasti akan menjadikan usaha keripik buah akan lebih memberikan keuntungan dan bisa  menaikkan penjualan buah segar.

Keripik Buah, Peluang Usahanya Sangat Menjanjikan [ ]

Jenis usaha keripik buah tentunya mempunyai peluang yang baik sekali untuk dijalani. Jika kita mengenal cara mengelola usaha yang tepat pasti akan mengetahui dan mengerti mengenai cara usaha keripik buah yang sukses. Sebelum mengambil keputusan untuk terjun dalam usaha keripik buah pastinya Anda pun mesti mengenali gambaran usaha itu beserta potensinya. Langkah seterusnya yaitu menganalisa ataupun menelaah bentuk bisnis ini dengan seperti yang sedang dijalani.

Berikut akan diulas mengenai analisa usaha keripik buah yang bisa Anda ketahui:

Menentukan Target Pemasaran 

Pangsa pasar yang dituju mesti selaras dengan kapasitas produksi keripik buahnya. Misalnya ukuran keripik buahnya mesti lebih besar jika tujuannya untuk konsumen di supermarket atau swalayan dan kemasannya sederhana plus murah bila tujuan pasarnya adalah kalangan bawah.

Pemilihan Bahan baku

Untuk memproduksi keripik dari buah ini mesti disesuaikan dengan musim buahnya masing-masing untuk menghemat biaya bahan baku dan produksinya. Pilihlah buah yang masih segar (fresh) dan berkualitas.

Tahap Produksi

Dalam tahap ini mesti betul-betul dijaga supaya prosesnya dapat mempertahankan kualitas produknya. Sesudah mendapatkan buah yang berkualitas baik, segar dan bagus. Selanjutnya buah tersebut dikupas sekaligus dibersihkan dari berbagai kotoran ataupun bagian yang tak bisa dikonsumsi. Kemudian buah dicuci dengan air yang mengalir supaya bebas dari noda/kotoran yang nempel di buah.

Setelah itu dilanjutkan ke tahap perajangan buah yang diselaraskan dengan bentuk/rupa keripik yang diharapkan. Lalu digoreng mempergunakan mesin vacuum frying (mesin keripik buah). Sesudah buah menjadi kering maka keripik inipun matang (sudah jadi) dan dapat diangkat kemudian dapat segera ditiriskan menggunakan mesin peniris minyak. Proses penirisan minyak inipun mempunyai fungsi penting supaya keripik menjadi awet (tahan lama).

Tahap Pengemasan dan Pemasaran

Keripik yang sudah jadi dapat langsung dikemas semenarik mungkin dan bagus menggunakan mesin pengemasan. Tidak boleh lupa untuk menyematkan merk produk pada kemasan tersebut. Selanjutnya Anda dapat memasarkan produk keripik buah tersebut dengan beragam cara, baik online maupun offline. Anda bisa menawarkan produk makanan ini kepada tetangga, saudara, teman, sahabat dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *