Jenis Tanaman Yang Bisa Di Tanam Di Botol

Jenis Tanaman Yang Bisa Di Tanam Di Botol

Urbanina.com – Botol plastik bekas dapat bermasalah bila dibuang secara sembarangan. Botol plastik bekas ini dapat digunakan sebagai pot untuk media tumbuh tanaman. Berbagai pot yang dibuat dari botol plastik bekas ini dapat tampil menarik dan meningkatkan keindahan taman atau halaman rumah bila ditata dan diatur sedemikian rupa. Botol plastik bekas tersebut juga dapat digunakan sebagai pot untuk keperluan vertical garden, hidroponik dan aquaponik. Namun, apa saja jenis tanaman yang bisa di tanam di botol tersebut?

Pot yang terbuat dari botol plastik bekas dapat Anda manfaatkan untuk pembibitan hingga menanam tanaman untuk sayuran organik atau urban farming di di teras rumah atau di dalam rumah. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa di tanam di botol, akan tetapi ada juga jenis tanaman yang tidak bisa atau kurang cocok jika di tanam di botol. Jadi apa sajakah jenis tanaman yang bisa di tanam di botol?

Jenis Tanaman Yang Bisa Di Tanam Di Botol []

Berikut ini jenis tanaman yang bisa di tanam di botol.

Selada

Sayuran ini bisa ditanam di botol secara hidroponik. Selada tidak memerlukan perawatan khusus yang membutuhkan waktu lama. Pertumbuhan selada akan semakin pesat ketika diberi air nutrisi. Hasil petik sayuran ini jika melimpah dapat Anda pasok ke restoran-restoran yang memakai selada bahan masakannya atau pedagang burger.

Bayam Cabut

Bayam cabut merupakan sayuran yang tidak sulit dibudidayakan. Bentuknya mirip bayam biasa, tetapi memiliki warna hijau yang lebih terang ketimbang bayam biasa. Saat ini bayam cabut mulai dikenal di lingkungan para ibu. Terlebih kini banyak dibudidayakan bayam cabut organik.

Sawi

Sawi adalah sayuran yang diambil daun dan bunganya untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Sawi yang kerap diolah menjadi tumis ini mengandung banyak gizi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Budidaya atau menanam sawi dapat dilakukan di media tanpa tanah, seperti di botol dengan sistem hidroponik. Hasil sayuran ini akan terasa lebih nimat, segar, dan gurih jika ditanam secara hidroponik.

Kangkung

Kangkung merupakan tanaman sayuran yang mudah sekali diperoleh dan harganya juga sangat terjangkau oleh seluruh kalangan. Sayuran yang berasal dari dataran India ini mudah sekali dalam penanamannya sehingga bisa dengan mudahnya didapat di pasar dan pedagang sayuran.Disamping ditanam di dalam baskom, kangkung pun bisa ditanam dengan cara hidroponik mempergunakan botol plastik bekas ari mineral yang mudah sekali ditemukan di sekitar kita.

Beberapa zat utama seperti zat besi, fsofor, kalsium, vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C terkandung di dalam kangkung ini. Berbagai kandugan nutrisi tadi memberikan efek positif untuk kesehatan. Hal ini pula bisa jadi sebuah pertimbangan bagi Anda untuk memasukkan sayur kangkung menjadi menu asupan makanan setiap hari.

Setelah mengetahui 4 jenis tanaman yang bisa di tanam di botol, semoga Anda terinspirasi dan segera mengaplikasikannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *