Jenis Tanaman Untuk Vertical Garden, Inilah Contohnya

Jenis Tanaman Untuk Vertical Garden, Inilah Contohnya

Urbanina.com – Vertical garden (taman vertikal) merupakan sebuah desain taman yang berbentuk tegak atau vertikal dimana tanaman beserta elemen-elemen taman lainnya ditata sedemikian rupa pada sebidang tanah/lahan yang tegak. Lain halnya dengan taman biasa yang dapat memakai tanaman yang dpat tumbuh tinggi/besar, maka vertical garden umumnya mempergunakan tanaman yang pada prinsipnya memiliki ukuran mini (kecil). Sebenarnya, apa saja jenis tanaman untuk vertical garden tersebut?

Vertical garden adalah sebuah usaha untuk menghijaukan sebuah area dimana area itu tidak memungkinkan untuk dibangun taman horizontal. Vertical garden banyak diaplikasikan di kota-kota besar di Indonesia. Dengan konsep ini kita dapat memfungsikan pagar, dinding, tembok rumah dan bidang tegak yang lainnya sebagai tempat taman. Jika Anda ingin membuatnya sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja jenis tanaman untuk vertical garden yang dapat menghijaukan dan menambah cantik rumah Anda.

Jenis Tanaman untuk Vertical garden []

Pada intinya nyaris semua jenis tanaman dapat digunakan untuk vertical garden. Tetapi terdapat beberapa syarat tertentu yang akan berpengaruh pada keindahan vertical garden tersebut diantaranya bobot tanaman tidak terlampau berat, pertumbuhan tanaman sedikit lambat, dan bukan jenis tanaman merambat. Berikut ini beberapa contoh jenis tanaman untuk vertical garden di rumah Anda.

Kuping Gajah (Anthurium Crystalium)

Tanaman ini memiliki ciri khas yakni daunnya berbentuk hati dengan garis-garis/urat daunnya memiliki warna putih keperakan . Kuping gajah terdiri dari 2 jenis, kuping gajah berhelai daun besar dan helai daunnya kecil. Pilih jenis kuping gajah yang berhelai daun karena akan menjadikan vertical garden terlihat lebih indah.

Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum)

Bentuk tanaman ini termasuk unik karena menyerupai bentuk tanduk rusa jantan sehingga dijuluki tanduk rusa. Tanaman ini dikembangkanbiakan melalui spora dan amat menyenangi tempat yang teduh dan lembab. Biasanya hidup menempel pada batang/pokok kayu.

Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Tanaman ini memiliki ciri khas yaitu berdaun kecil memanjang bergaris putih kekuning-kuningan. Lili paris mudah sekali perawatanannya dan tahan pada paparan sinar matahari langsung. Tanaman ini akan tumbuh maksimal pada tempat yang terlindung dari sinar matahari. Lili paris seringkali digunakan untuk pembatas antar tanaman lainnya sehingga timbul berbagai motif.

Kadaka (Asplenium scolopendrium)

Kadaka sepintas mirip sekali dengan tanaman paku sarang burung, cuma ukuran daunnya lebih kecil. Pinggir daunnya bergelombang dan memiliki warna hijau muda.

Sirih Merah

Sirih merah amat menyukai tempat yang terlindung dari teriknya sinar matahari alias teduh. Sirih merah adalah salah satu jenis tanaman menjalar yang memiliki ciri fisik dengan batangnya berbuku-buku dan daunnya memiliki warna merah dengan urat garisnya mempunyai warna perak. Selaku salah satu dari berbagai jenis tanaman untuk vertical garden, tanaman menjalar ini terlihat cantik dengan daunnya yang  berwarna merah.

Demikianlah 5 contoh jenis tanaman untuk vertical garden dan salah satunya mungkin ada yang Anda suka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *