Jenis-jenis Durian Unggul yang Layak Dibudidayakan

Jenis-jenis Durian Unggul yang Layak Dibudidayakan

Urbanina.com – Durian atau Durio zibethinus adalah tumbuhan daerah tropis asli dari wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia ada puluhan jenis durian yang menyebar di hampir seluruh daerah. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai ragam jenis durian terbanyak di dunia. Lembaga penelitian di Indonesia, Malaysia, dan Thailand sudah melahirkan jenis-jenis durian unggul yang layak dibudidayakan dan dinikmati karena sejumlah keistimewaan.

Anda suka makan buah durian? Sebaiknya sekarang Anda mengenali jenis-jenis durian unggul yang layak dibudidayakan karena berbagai kelebihannya. Ada 2 kelompok durian yang dijual di pasaran yakni durian impor dan durian lokal. Barangkali Anda kerap makan durian lokal seperti durian bawor, durian matahari, dan durian petruk, namun belum pernah menikmati durian impor seperti durian monthong dan musangking.

Jenis-jenis Durian Unggul yang Layak Dibudidayakan

Jenis-Jenis Durian Unggul yang Layak Didudidayakan

Berikut ini jenis-jenis durian unggul yang layak dibudidayakan di halaman rumah atau kebun Anda.

Durian Bawor

Durian bawor tergolong ke dalam kelas durian unggul sebab mempunyai beberapa kelebihan antara lain mudah menghasilkan buah karena bisa dipetik/dipanen setelah berumur kira-kira 3-4 tahun. Durian ini mempunyai daging buah yang tebal dengan bijinya yang kecil. Untuk urusan rasa sih telah tidak disangsikan lagi legit dan manisnya.

Durian Musangking

Buah durian musangking ini mempunyai tekstur seperti halnya durian monthong, yakni mempunyai aroma yang harum, lembut, rasanya legit dan manis. Durian musangking ini dibanderol dengan harga amat mahal di Malaysia dan Singapura. Itulah alasannya mengapa durian musangking ini menjadi salah satu pilihan utama dari jenis-jenis durian unggul yang layak dibudidayakan di Indonesia.

Durian Monthong

Kelebihan durian khas Thailand ini diantaranya buahnya lebat, adaptif pada lingkungan dan cepat berbuah/genjah (bisa dipetik setelah berumur 4-5 tahun sejak ditanam). Ciri khas dari durian monthong yaitu beraroma harum, daging buahnya manis, dan ukuran buahnya besar bisa mencapai berat 13 kg. Bentuk buah durian monthong agak lonjong tak beraturan. Sebetulnya bibit asli durian yang dibanderol mahal hingga jutaan ini asalnya dari Indonesia yang kemudian dibudidayakan di Thailand.

Durian Petruk

Durian ini asalnya dari Jepara, Jawa Tengah. Daging buah durian petruk manis rasanya sedikit pahit, bentuk buahnya bulat telur terbalik, daging buahnya agak keras dan tebal serta bijinya kecil. Durian petruk terkenal dengan rasanya yang amat legit ketimbang jenis durian lainnya. Durian ini adalah salah satu dari jenis-jenis durian unggul yang banyak disukai orang, baik oleh para pembudidaya tanaman buah ataupun pecinta durian. Durian yang namanya diambil dari nama penemunya yakni Pak Petruk, warga Dukuh Randusari Kabupaten Jepara ini mempunyai kulit yang tipis berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya berserat halus, berwarna kuning, dan aromanya tidak terlalu menyengat.

Durian Matahari

Durian matahari adalah salah satu dari deretan durian unggul lokal dengan rasa pulen, legit, manis, dan daging buahnya tebal memiliki warna kuning cerah mirip pancaran sinar matahari sehingga disebut durian matahari . Keunggulan durian matahari antara lain beraroma tidak tajam, rasanya manis, daging buah tebal dan tanpa biji.  Jenis durian matahari ini asalnya dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat kemudian dikembangkan lagi di Lebak, Banten. Buah durian ini berbentuk bulat panjang, tidak berair, bertekstur halus, berlemak, kulit buahnya tipis dengan warna hijau kecoklatan dan tebal kulitnya kira-kira 0,5 – 1 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *