Jambu Kristal, Jambu Berbiji Sedikit Panen Menguntungkan

Jambu Kristal, Jambu Berbiji Sedikit Panen Menguntungkan

Urbanina.com – Tanaman jambu kristal selalu menghasilkan buah sepanjang tahun. Tidak seperti jenis jambu pada umumnya dimana jumlah bijinya dapat mencapai 80% dari keseluruhan daging buahnya. Jambu ini cuma mempunyai biji tidak melebihi 3% dari bagian daging buahnya. Dengan demikian daging buahnya amat banyak dan pastinya memiliki daging yang tebal. Tekstur dagingnya yang renyah dan rasanya gurih di lidah nyaris seperti buah apel/pir. Ini semua adalah ciri khasnya yang membuktikan beberapa keunggulan dari jambu yang lezat ini. Kecuali itu lapisan lilin yang menyelimuti bagian luar buah ini juga bisa dibilang tebal.

Tanaman jambu kristal adalah mutasi dari jambu bernama Muangthai Park yang didapat pada tahun 1991 di Distik Kao Shiung Thaiwan. Jambu ini bermanfaat menjadikan kulit putih. Tanaman jambu ini bisa melancarkan pencernaan dan banyak mengandung vitamin C. Bagian luar jambu berwarna putih sedikit pucat/kusam. Buah  jambu kristal ini di pasaran tentunya berbeda dengan jambu varietas lainnya yang telah ada sebelumnya karena harganya bisa mencapai harga 20.000 rupiah per kilogramnya.

Jambu Kristal, Jambu Berbiji Sedikit Panen Menguntungkan [ ]jambu

Dengan kondisi harga yang relatif mahal ini pastinya menggoda orang untuk membudidayakan jambu kristal ini, baik dengan skala kecil ataupun besar.  Tanaman jambu ini cocok tumbuh di daerah tropis dengan intensitas curah hujan sekitar 2.00 – 3.000 mm per tahun pada ketinggian 5-1000 meter dpl. Suhu berukuran 20 – 30 derajat Celsius dan kondisi tanah gembur dengan pH sekitar 6 – 6.5 sangat mendukung pertumbuhan tanaman jambu ini. Itu semua mesti disertai dengan saluran pengairan yang baik.

Usaha budidaya jambu kristal lebih menguntungkan sebab produktivitasnya tinggi. Sebenarnya tanaman jambu ini tidak betul-betul tidak berbiji. Namun masih memiliki biji hanya saja  jumlahnya sangat sedikit yakni sekitar 3% bagian dari daging buah. Maka ketika telah memproduksi buah bisa kokoh dan tidak gampang rontok serta berbuah lebat.

Menanam jambu kristal sama seperti menanam tanaman buah lainya. Cara membudidayakan jambu kristal tidak mesti memerlukan lahan yang luas. Bila ingin menanam jambu kristal, Anda bisa menggunakan lahan yang tersisa di sekitar halaman rumah atau dengan teknik budidaya tabulampot (tanaman buah dalam pot). Pasalnya tanaman ini tidak demikian memerlukan perawatan yang rutin. Dengan teknik tabulampot membudidayakan tanaman buah akan jauh lebih mudah dan sedap bila dipandang oleh mata serta nilai jualnya lebih tinggi saat berbuah.

bibit jambu kristal

Pada saat berumur 7 bulan tanaman jambu kristal  telah dapat dipanen tetapi hasilnya belum maksimal. Pada panen tahun yang pertama setiap pohon bisa memproduksi 50 kilogram. Biar pertumbuhan tanaman jambu ini baik diperlukan pupuk komps atau pupuk kandang. Pupuk lainnya bisa berupa pupuk buatan pabrik.  Dalam setiap hektar luas lahan memerlukan pupuk kandang sebanyak 2 ton. Bagi Anda yang gemar tambulampot cocok sekali untuk mencoba menanam jambu kristal di dalam pot ini.

Disamping itu Anda dapat memperoleh pendapatan hasil dari penjualan bibit tanaman jambu yang dicangkok. Pasalnya dengan menanam di sekitar pekarangan rumah memudahkan dalam membuat bibit tanaman cangkokan yang bisa dijual  dengan harga Rp 35.000 – Rp. 50.000 sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan berkali-kali lipat dari hasil menjual bibit tanaman da buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *