Hama dan Penyakit Pada Tanaman Durian

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Durian

Urbanina.com – Durian adalah buah yang sangat disukai oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan oleh rasa buah durian yang memang lezat dan enak serta mempunyai ciri khas aroma dari durian tersebut. Oleh karena itu banyak para pembudidaya tanaman buah atau petani yang menanam tanaman durian. Namun seperti halnya membudidayakan tanaman yang lain dalam budidaya tanaman durian pun tidak luput dengan yang namanya hama dan penyakit. Lalu apa saja hama dan penyakit pada tanaman durian tersebut?

Hama dan penyakit muncul karena adanya faktor internal dan eksternal. Yang terpenting dari semua itu adalah kita perlu mengetahui jenis-jenis atau macam-macam hama dan penyakit pada tanaman durian serta upaya pencegahan dan pengendaliannya agar tanaman tetap dapat tumbuh dengan baik dan optimal yang sering mengincar dari tanaman durian tersebut.

Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Durian [ ]

Berikut ini hama dan penyakit pada tanaman durian, antara lain:

Penggerek Batang

Penggerek batang muncul karena Batocera sp atau Xyleutes sp. Hama penggerek batang menimpa tanaman durian dengan cara melubangi batang, dahan dan rantingnya. Tanaman yang terkena hama ini akan menjadi tidak segar, daun terlihat kering dan lama kelamaan rontok, alhasil tanaman pun bisa mati. Hama ini bisa dikendalikan dengan cara memangkas dan membakar batang, dahan, atau ranting yang terkena hama kemudian bekas lubang gerekan ditutup dengan kapas yang telah diolesi insektisida organik.

Penggerek Buah

Penggerek buah disebabkan karena Tirathaha sp dan Dacus dorsalis. Gejala tanaman yang terserang hama ini adalah tanaman membusuk, mengandung ulat lalu rontok.

Kutu Putih

Hama kutu putih atau sering disebut Pseudococus sp menyerang tanaman durian dengan cara mengisap cairan tanaman itu akibatnya daun pun menjadi keriting. Sementara itu bunga dan buahnya menjadi rontok.

Ulat Daun

Lymatria sp, Setora sp, dan Papilia sp adalah jenis ulat daun yang sering menyerang tanaman durian dengan cara memakan daun tersebut sehingga daun bolong-bolong dan rusak.

Penyakit Kanker Batang

Penyakit kanker batang disebabkan oleh Phytophthora palmivora. Gejala tanaman yang terkena penyakit ini yakni terjadi luka pada kulit batang disertai keluarnya lendir berwarna merah, pucuk tanaman menjadi kering, daunnya rontok, bahkan mati.

Penyakit Busuk Akar

Penyakit busuk akar disebabkan oleh jamur Fusarium sp. Penyakit ini ditandai dengan adanya warna coklat pada bagian korteks dan warna merah muda berbercak coklat pada bagian yang mengandung kayu.

Penyakit Bercak Daun

Penyakit bercak daun dikarenakan oleh jamur Colletotrichum sp. Gejala penyakitnya berupa bercak kering dan besar pada daun tanaman kemudian daunnya berlubang. Sebaiknya daun yang terserang dipangkas lantas diadakan penyemprotan dengan fungisida yang mengandung bahan aktif tembaga  untuk tindakan pengendalian dan pencegahan.

Penyakit Jamur Upas

Penyakit jamur upas disebabkan oleh pink disease. Gejala penyakit ini ditandai dengan timbulnya cairan kuning berselimut benang-benang jamur seperti laba-laba warnanya mengkilat membuat batang jadi mati.

Penyakit Akar Putih

Penyakit akar putih disebabakan oleh jamur Ridoporus lignosus. Gejalannya ditandai dengan menguningnya daun lalu berubah coklat, menyusut dan akhirnya daun berguguran.

Penyakit Busuk Buah

Penyakit busuk buah disebabkan oleh jamur Phytophthora sp. Gejalanya berupa bercak-bercak basah pada kulit buah dengan warna coklat kehitaman lalu membusuk.

Itulah 10 hama dan penyakit pada tanaman durian yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat mencegah dan mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *