Durian Sitokong Tawarkan Aroma Unik Nan Legit

Durian Sitokong Tawarkan Aroma Unik Nan Legit

 

Urbanina.com – Nama sitokong telah akrab untuk pecinta buah durian tahun 1980-an. Kedatangan montong dari Thailand di tanah air memang sempat menyuramkan nama baik sitokong. Terlepas dari hal tersebut,  durian sitokong tetap patut diperhitungkan. Pasalnya durian sitokong terkenal dengan keistimewaan aromanya yang unik. Buahnya berbentuk bulat lonjong memiliki warna hijau dengan berat 3-4 kg dan daging buahnya mempunyai ketebalan 1,5-2 cm. Durian ini tergolong jenis durian yang baik untuk diawetkan dan diproses jadi beragam macam makanan seperti asinan, es krim, kue maupun dodol.

Tanaman yang dalam bahasa Latin dijuluki Durio sp ini adalah salah satu tanaman buah yang tergolong ke dalam keluarga Malvaceae dan awalnya menyebar dari Asia Tenggara. Tanaman ini diberi gelar sebagai ‘King of Fruits’ sebab ukuran buahnya yang memang besar dengan kulit luarnya yang dikelilingi dengan duri-duri. Tinggi tanaman durian ini bisa mencapai 25-50 meter.

durian sitokong []

Disamping daging buahnya yang enak, biji, daun, malahan kulitnya pun masih dapat digunakan. Bijinya dapat dibakar atau direbus untuk dimanfaatkan sebagai camilan atau makanan kecil. Sementara itu kulitnya bisa dikeringkan dan dimanfaatkan menjadi bahan bakar guna mengasapi ikan, pucuk daun mudanya bisa direbus dan dijadikan sebagai lalapan.

Durian sitokong cepat tumbuh dan mudah pemeliharaannya sehingga bisa dibudidayakan dengan cara besar-besaran. Dalam penanamannya supaya produksinya optimal maka diperlukan jarak tanam sekitar 10 meter dari setiap bibit durian yang ditanam sebab pohon durian ini akan tumbuh tinggi. Perawatan yang perlu dilakukan antara lain pemupukan dengan pupuk kompos sebanyak 1 tahun sekali, pupuk NPK pada awal musim penghujan dan akhir musim penghujan, penyiangan pada gulma 1-2 minggu sekali, dan penyiraman/pengairan secara periodik.

Tanaman durian sitokong memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau kekuning-kuningan. Bentuk duri kulit buah seperti kerucut dengan tertata rapat. Sifat buahnya sukar dibelah dan berat buahnya sekitar 2 – 2,5 kg. Ketebalan kulit buahnya sedang, kira-kira 5 – 8 mm. Dalam 1 buah durian sitokong ada 5 juring dengan jumlah ponggenya sebanyak 5 – 25 buah.

Biji buah durian bentuknya lonjong dan mempunyai ukuran kecil. Daging buah durian ini rasanya manis, aroma harumnya cukup tebal, tidak berair, berlemak, bertekstur halus, dan berwarna kuning. Pada tanaman yang berusia 100 tahun produksi buahnya bisa mencapai 50-200 buah setiap tahun. Varietas ini tahan pada berbagai penyakit hama penggerek dan busuk akar.

Sedang mencari bibit tanaman durian dengan varietas berbeda? Bibit tanaman durian Sitokong terlihat cocok untuk dijadikan pilihan Anda. Tanaman durian jenis ini sebetulnya mempunyai sedikit perbedaan ketimbang jenis tanaman durian montong. Jikaa tanaman durian montong mempunyai bentuk yang agak lonjong, lain halnya dengan durian Sitokong yang mempunyai bentuk yang lebih bulat.

Tentang rasa dari buah yang akan dihasilkannya nanti pasti rasanya tidak akan mengecewakan sebab durian Sitokong mempunyai rasa yang lezat dan manis. Jika saat ini Anda tengah mencari bibit tanaman durian dengan varietas yang berlainan dari tanaman durian montong, maka jenis durian sitokong layak untuk Anda coba budidayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *