Durian Sitokong, Salah Satu Varietas Unggul di Ranah Durian

Urbanina.com – Selama ini buah durian identik sekali dengan legit, lezat dan warna kuning. Tanaman buah berduri yang dijuluki “Si Raja Buah” ini berasal dari kawasan Asia Tenggara dan tumbuh subur di daerah tropis, termasuk Indonesia. Durian sitokong adalah salah satu jenis durian unggul dari Thailand disamping durian monthong. Selain durian sitokong, durian apa lagi yang termasuk varietas unggul sehingga banyak digemari banyak orang?

Berikut ini beberapa jenis durian unggul lainnya selain durian sitokong yang patut Anda kenali :

Durian Sitokong, Salah Satu Varietas Unggul di Ranah Durian

Durian Musang King

Durian Musang King yang berasal dari Malaysia ini adalah jenis durian yang unik. Daging buahnya memiliki warna kuning seperti kunyit serta isinya padat. Bijinya kempes, rasanya legit dan lezat merupakan ciri istimewa buah durian ini. Uniknya tiap-tiap pohon ini memiliki tiga kaki sehingga menambah kokohnya tanaman durian ini. Ada juga yang memiliki kaki 7 dan semakin banyaknya kaki akan membuat harganya semakin mahal.

Durian Bawor

Durian bawor adalah durian jenis baru yang hebat kualitasnya. Durian bawor mempunyai daging buah berwarna orange, bijinya tipis dan kecil, sedangkan rasanya legit bercampur agak pahit. Saat telah matang buah ini dapat meraih bobot sekitar 6 hingga 9 kg. Semakin tua tanaman durian ini maka buahnya akan semakin lebat.

Durian Montong

Durian jenis ini amat digemari karena disamping lezat rasanya juga mempunyai produktivitas dan daya tahan yang tinggi. Rekor durian montong paling berat meraih berat hingga 13,8 kg yang sukses dipanen di daerah Gunung Pati (Semarang). Bentuk buahnya pun bermacam-macam dari bulat panjang hingga nyaris persegi panjang.

Durian Matahari

Durian Matahari adalah durian unggul dari Indonesia yang memiliki rasa yang legit, lezat, manis dan daging buahnya yang tebal dengan warna kuning laksana paparan cahaya matahari. Buahnya memiliki bentuk bulat panjang dengan warna kulitnya hijau kecoklatan. Durian matahari nyaris tanpa biji dan aromanya juga wangi. Duri pada kulit buahnya berbentuk runcing dan bengkok, namun berukuran besar dan jarang.

Durian Kani

Durian kani memiliki buah yang berbentuk bulat dengan kulitnya berwarna kuning kecokelatan. Kulit buahnya tipis, daging buahnya tebal, kering, mengandung lemak, warnanya kuning. Rasa buahnya tidak demikian manis. Tidak seperti durian umumnya, durian kani yang sudah matang justru yang telah pecah bagian kulitnya.

Durian Sitokong

Durian Sitokong memiliki keunggulan tersendiri, berat buahnya bisa mencapai bobot kira-kira 3 – 4 kg dengan ketebalan buahnya sekitar 1,5 – 2 cm. Buah durian sitokong berbentuk bulat panjang dan memiliki warna hijau yang kekuningan. Daging buahnya tebal, rasanya manis, beraroma harum cukup tajam, berlemak, berwarna kuning, dan bertekstur halus.

Indonesia memang kaya dengan alamnya. Berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang berguna sekali untuk kehidupan manusia, khususnya untuk kesehatan tubuh tumbuh subur di Indonesia dari mulain durian sitokong hingga durian matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *