Durian Simas, Durian Manis Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Durian Simas, Durian Manis Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Urbanina.com – Durian adalah salah satu jenis buah-buahan yang tergolong ke dalam ratunya buah-buahan. Durian merupakan salah sejenis buah bercita rasa yang memang amat menggoda. Dari wanginya saja akan menjadikan Anda tidak sabar untuk menyantapnya. Aroma durian mempunyai ciri khas yang amat menyegat. Bau ini amat menggiurkan dan tak akan terlupakan begitu saja. Tetapi tidak demikian halnya dengan durian simas atau limas yang aromanya kurang begitu menyengat.

Durian simas mempunyai bentuk lebih panjang dan warna kulitnya lebih hijau sedikit coklat kekuningan dan daging buah durian simas memiliki warna oranye, malahan ada yang warnanya agak merah. Daging buah durian simas mempunyai tekstur yang  sedikit kering dan pulen. Bau buah durian simas ini tidaklah menyengat seperti umumnya buah durian yang lainnya. Durian ini tidak mempunyai kadar alkohol dan didominasi oleh rasa yang manis tanpa adanya rasa pahit legit.

Durian Simas, Durian Manis Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Lantaran aroma dan rasanya yang beda inilah yang terkait dengan isi unsur kimiawi di dalamnya yang menjadikan durian jenis simas ini mempunyai tingkatan yang lebih rendah ketimbang durian lain yang bau dan rasanya lebih menyengat. Namun bagi para penggemar durian, umumnya kurang menyenangi duren simas ini sebab aromanya yang tidak menyengat dan tidak terdapat cita rasa khas durian, yaitu legit pahit.

Apabila dicermati, sepintas buah durian simas ini serupa sekali dengan buah lai (elai) asal Kalimantan yang mempunyai daging buah dengan warna oranye serta kemerahan namun buah elai bentuknya lebih bulat dan lebih kecil ukurannya.

Durian simas ini kabarnya bisa dipergunakan sebagai pilihan pengganti durian jenis lainnya untuk yang tak menyukai durian atau yang mempunyai penyakit darah tinggi, tetapi tetap dimakan sesuai aturan. Jenis durian ini mulai berbuah kira-kira 4-5 tahun setelah tanam.

Akan tetapi akhir-akhir ini durian simas yang dahulu tidak banyak diketahui orang sudah mulai banyak diperbincangkan dan diburu orang, baik lantaran penasaran atau mau membanding-bandingkan rasa dari durian tersebut.

Durian ini tak diketahui kapan dan dimana mulai dibudidayakan sampai akhirnya sekarang dikenal banyak orang. Penggemar durian  ini rata-rata ialah yang mempunyai hipertensi dan yang tidak menyenangi jenis durian biasa yang aromanya lebih menyengat.

Durian ini berlainan dengan durian jenis montong yang rasanya lebih legit dan aromanya amat menyengat. Disamping itu durian montong juga mempunyai warna buah yang mengarah kuning pucat. Durian montong mempunyai rasa yang amat lembut dan teksturnya yang lebih lunak, disamping itu duren montong biasanya dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi ketimbang duren simas ini.

Tetapi walaupun demikian, duren simas pun mempunyai penggemarnya tersendiri dan tidaklah sedikit. Alhasil untuk Anda pecinta durian, tidak komplit rasanya bila belum mencoba varietas durian simas ini. Pastinya Anda pun tidak akan merasa kecewa.

Demikianlah ulasan tentang durian simas yang dapat dimakan oleh penderita hipertensi (penyakitdarah tinggi). Durian jenis ini umumnya dijual di kawasan Wonosalam, Jawa Tengah. Anda bisa membelinya saat sedang mengunjungi Wonosalam untuk membuat si oranye cantik ini semacam buah tangan yang berbeda ketimbang yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *