Durian Petruk, Durian Unggul Dari Jepara

Durian Petruk, Durian Unggul Dari Jepara

Urbanina.com – Jepara selain dikenal dengan hasil ukiran dan mebelnya yang telah mendunia, juga temasyhur dengan buah duriannya, khususnya durian dari daerah Tahunan dan Ngabul. Terdapat berbagai macam durian di sini, diantaranya yaitu durian petruk.

Durian petruk telah memperoleh sertifikasi sebagai buah durian jenis unggul yang dikeluarkan oleh Departemen Pertanian Jepara. Durian petruk yang kerap dijuluki jadi Durian Jepara ditetapkan menjadi durian jenis unggul sebab buahnya mempunyai rasa yang lezat dan manis.

Durian Petruk Durian Unggul Khas Jepara

Durian petruk ini memiliki ciri pada bentuk buahnya yang panjang dan besar. Jika dalam tokoh dunia pewayangan bentuknya menyerupai hidungnya sosok punakawan petruk yang dikenal panjang sehingga orang menjulukinya durian petruk.

Daging buah durian petruk amat tebal, warnanya kuning seperti mentega, dan berbiji kecil. Aromanya wangi dan rasa buahnya juga manis. Satu lagi keunggulan dari durian ini adalah tahan dengan busuk akar dan hama penyakit.

Penamaan petruk pada buah duren ini tidak terlepas dari peran sang penemunya yaitu Pak Petruk. Lantaran mempunyai daging buah yang terbilang lembut dan tebal maka durian petruk tergolong ke dalam jenis unggul durian nasional. Disamping rasanya yang khas, durian inipun gampang untuk ditanam dan dirawat secara mandiri.

Berikut beberapa kelebihan tanaman durian petruk, diantaranya :

  • Kulit buah dari durian ini tajam dan runcing dengan warna kulitnya hijau kekuningan ataupun kuning kecokelatan.
  • Kulit buahnya agak membelah saat telah waktunya masak/matang sehingga Anda tidak usah repot-repot untuk membelah maupun memotongnya.
  • Durian unggul ini mempunyai aroma dan bau buah yang tajam dan agak menusuk hidung. Nah untuk Anda yang memang menyenangi durian pastinya hal ini akan menggugah selera.
  • Daging buah durian ini termasuk tebal, agak mengandung serat, lentur tetapi tidak lembek, dan warna daging buahnya kuning pucat.
  • Rasa daging buah durian ini manis agak pahit.
  • Buah durian petruk mempunyai biji yang kecil sehingga daging buahnya terlihat tebal dan rasanya enak sekali saat disantap. Ini adalah suatu sensasi rasa yang amat menarik dan menimbulkan rindu terhadap rasanya yang enak dan lezat.

Tanaman durian petruk mempunyai beberapa ciri yang mirip dengan tanaman durian yang lainnya, daunnya memiliki warna hijau di permukaan atasnya dan warnanya kecokelatan di bagian bawahnya. Durian ini mempunyai banyak cabang yang menjadi tempat berbuahnya. Tanaman durian ini pun dikenal dengan daya tahannya pada hama penyakit, jadi Anda tidak usah memberikan berbagai macam obat untuk menghilangkan hama.

Disamping rasanya yang enak, durian ini pun mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh dengan beragam mineral dan vitamin yang dikandungnya. Berikut berbagai manfaat durian asal Jepara ini, diantaranya:

  • Memperlancar dan melindungi kesehatan pencernaan berkat kandungan seratnya.
  • Memelihara kesehatan kulit sebab mempunyai kandungan vitamin C.
  • Kaya akan kalsium dan potassium yang baik untuk kesehatan persendian dan tulang.
  • Kandungan vitamin B1-nya bisa meningkatkan selera makan.
  • Mengurangi stres berkat isi piridoksin di dalam buahnya.

Anda berminat membudidayakan durian petruk yang lezat dan manis ini? Segera tanami lahan kosong agar jadi duit dengan menanaminya durian ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *