Durian Pelangi, 1 Dari 5 Jenis Durian Unggul Indonesia

Urbanina.com – Sebagian orang tidak menyukai durian sebab aromanya yang tajam, tetapi banyak pula yang menggemarinya. Malah banyak sekali orang yang tergila-gila dengan rasa manisnya dan aroma yang keluar dari buah ini. Durian pelangi adalah salah satu dari lima jenis durian unggul Indonesia yang banyak penggemarnya.

Durian selama ini dianggap sebagai rajanya buah (king of fruits) karena aromanya yang khas dan tajam. Indonesia terkenal sebagai salah satu negara tempat durian unggul berasal lantaran di tanah air ini banyak dilahirkan dan dikembangkan berbagai jenis durian baru, baik durian yang telah dikomersialkan atau pun durian hutan yang kurang laku di pasaran. Durian pelangi termasuk salah satu diantara lima jenis durian asal Indonesia yang diunggulkan.

Durian Pelangi [ ]

Berikut ini berbagai jenis buah durian unggul yang terdapat di Indonesia.

Durian Bawor

Durian bawor asalnya dari wilayah Banyumas. Durian ini mempunyai kesamaan dengan durian montong makanya biasa disebut durian montongnya Banyumas. Alhasil  berhati-hatilah bila Anda ingin membeli durian montong supaya tidak kena tipu dengan mendapatkan durian bawor.

Ciri-ciri durian bawor diantaranya yaitu mempunyai daging buah yang tebal dengan warna orange, rasa daging buahnya manis dan bijinya kempes. Durian bawor telah dapat dipanen pada umur 3 – 4,5 tahun dan dalam 1 tahun durian ini  dapat panen sebanyak 3 kali.

Durian Matahari

Durian matahari menyebar dari daerah Cimanggu (Bogor, Jawa Barat). Durian ini berbentuk bulat panjang dengan warna hijau kecoklatan, durinya berukuran besar, jarang dan lancip.

Durian Merah

Durian yang dalam bahasa Latin disebut Durio graveolens ini berasal dari Banyuwangi dan banyak ditemui di Desa Kamiren. Durian merah merupakan durian unggulan di Jawa Timur, terutama Banyuwangi.

Durian ini mempunyai keistimewaan yakni daging buahnya berwarna merah, berlainan dengan durian pada umumnya yang memiliki warna putih atau kuning. Ciri-ciri yang lainnya dari durian ini ialah lebih tebal daging buahnya, berkadar alkohol rendah, aroma buahnya tajam dan rasanya lezat, legit dan manis sekali.

Durian ini mempunyai warna kulit yang sama dengan umumnya durian lainnya yakni kuning, tetapi memiliki ukuran buah lebih kecil dari jenis durian lainnya.

Durian Pelangi

Durian pelangi asalnya dari daerah Manokwari (Papua Barat). Durian ini mempunyai keunikan pada warna daging buahnya yang merupakan paduan warna krem, merah tua, dan merah muda dengan sinar hijau di sudut ponge-nya. Durian pelangi dikenal mempunyai rasa yang amat manis dan teksturnya lembut tetapi lengket.

Durian Petruk

Durian ini adalah buah asli dari Jepara, Jawa Tengah. Durian petruk mempunyai cita rasa yang istimewa yakni setengah manis dan setengahnya lagi pahit. Alhasil jadi seperti ada rasa pahit yang tersembunyi dalam balutan rasa manisnya. Aromanya relatif tajam, tetapi tidak sekuat durian montong.

Ciri-ciri lainnya dari durian ini adalah buahnya berbentuk lonjong dengan warna hijau kekuningan, duri kulitnya rapat dan berupa kerucut kecil daging buahnya berwarna kuning sedikit tebal, tekstur dagingnya sedikit lembek, seratnya halus dan berbiji kecil.

Itulah beberapa varietas durian unggul di Indonesia yang wajib Anda coba, salah satunya adalah durian pelangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *