Durian Matahari, Durian Manis Tanpa Biji Dari Banten

Urbanina.com – Durian adalah buah favorit yang dicari orang-orang. Bermacam-macam jenis durian ramai di pasaran, tetapi sedikit orang yang mengenali kalau terdapat beraneka jenis durian lokal yang termasuk istimewa, salah satunya yaitu durian matahari. Durian ini berasal dari Lebak, Banten. Dijuluki matahari sebab buahnya berwarna kuning tua terang seperti warna sinar  matahari. Tekstur buahnya yang halus menyebabkan banyak orang menggemari buah durian yang satu ini.

Durian matahari adalah  komoditas unggulan lokal yang dibudidayakan oleh para petani Leuwidamar, Banten. Para petani di daerah tersebut membudidayakan durian pada lahan miliknya sebab dapat menambah penghasilan mereka.

Durian Matahari, Durian Manis Tanpa Biji Dari Banten [ ]

Keunggulan durian matahari ialah rasa buahnya manis dan tanpa biji. Buah durian ini berbentuk bulat panjang dengan warna kulitnya hijau kecoklatan-coklatan serta tebalnya 0,5 hingga 1 cm. Durinya bengkok, jarang, runcing, dan besar. Berat buahnya lebih kurang  2 hingga 3,5 kg. Buahnya beraroma tidak tajam, tekstur halus, berlemak, kering, dan daging buahnya tebal. Disamping itu tahan pula pada serangan hama dan penyakit tanaman. Mutu buah durian matahari termasuk ke dalam golongan nomor wahid dibandingkan dengan jenis durian lokal yang lainnya.

Saat ini durian yang dibudidayakan oleh petani Lebak tersebut telah mengantongi sertifikat yang diterbitkan oleh BPSb (Badan Pengawas Sertifikasi Benih) Provinsi Banten. Menurut catatan, durian matahari itu sebelumnya telah dikembangkan oleh para petani di daerah Bogor, Jawa Barat. Maka dari itu, kualitas buah durian primadona daerah tersebut tentunya tidak disangsikan lagi.

Durian matahari adalah jenis tanaman dataran rendah yang tumbuh subur pada daerah dengan ketinggian 800 m dpl dengan temperatur sekitar 20 – 32°C.  Kondisi tanah yang sesuai untuk pembudidayaan durian lebih baik tanah yang subur, gembur dan tanah lapisan bawahnya tidak mengandung lapisan liat yang cenderung kedap air hingga kedalaman 3 meter. Dengan melakukan perawatan yang rutin seperti pemupukan dan penyiraman air secara rutin, makan tanaman ini akan mulai mengeluarkan buahnya dalam masa tanam 3 hingga 5 tahun.

Sampai sekarang durian matahari menjadi satu-satunya jenis durian yang sudah memiliki sertifikasi di Banten yaitu hasil pengembangan para petani Leuwidamar di Kabupaten Lebak. Sentra durian matahari terpencar di Kecamatan Gunungkencana, Cirinten, Bojongmanik, Muncang, Sobang, dan Leuwidamar. Daerah-daerah tersebut setiap tahunnya tercatat sebagai sentra produksi durian paling besar di Banten.

Menanyakan soal prospeknya, peluang usaha durian termasuk amat bagus atau prospektif. Karena, Indonesia mempunyai varietas yang beraneka macam dan menghasilkan buah sepanjang tahun. Dengan penggarapan yang profesional serta dibantu oleh berbagai kemudahan dari pemerintah, durian lokal Indonesia sanggup mendominasi pasar dunia. Durian lokal mempunyai keunggulan rasa yang istimewa. Walaupun durian impor banyak yang masuk ke Indonesia, seperti dari Malaysia dan Thailand, durian lokal juga masih tetap mempunyai penggemarnya tersendiri. Nah, apakah Anda tertarik untuk membudiayakan buah durian matahari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *